Indosat Luncurkan Layanan Pembayaran Berbasis Teknologi NFC

Agnes Savithri
Jumat, 14 Agustus 2015 | 21:22 WIB
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—PT Indosat Tbk meluncurkan produk terbarunya D-Tap yang merupakan layanan pembayaran dengan teknologi nirkontak berbasis NFC (Near Field Communication). Peluncuran D-Tap sejalan dengan maraknya layanan pembayaran non tunai serta tingginya pertumbuhan smartphone yang mendukung teknologi NFC di Indonesia dalam 5 tahun terakhir.

Layanan NFC ini diluncurkan dalam bentuk kartu dan SIM Card. Untuk layanan D-Tap yang berbasis SIM Card, akan menggunakan teknologi standar pembayaran nirkontak internasional. Group Head Mobile Financial Services Indosat Randy Pangalila mengatakan dalam 2-3 bulan ke depan, layanan ini akan segera hadir di beberapa transportasi umum, merchant-merchant, dan lokasi-lokasi lain yang saat ini sedang dikembangkan oleh timnya.

“Layanan D-Tap yang merupakan produk uang elektronik berbasis chip yang akan melengkapi layanan mobile payment berbasis server yaitu Indosat Dompetku. D-Tap diharapkan dapat memperluas ekosistem pembayaran elektronik khususnya di layanan transportasi public,” ujarnya di Jakarta.

Pelanggan Indosat dompetku dalam waktu dekat dapat melakukan pengisian saldo D-Tap melalui aplikasi Indosat Dompetku, dimana pelanggan cukup mendaftarkan dirinya menjadi pelanggan dompetku dengan mengetik *789# dari ponsel. Selain itu pengisian saldo D-Tap dapat dilakukan juga melalui agen-agen D-Tap yang ditunjuk. 

D-Tap adalah inovasi layanan pembayaran nirkontak (contactless) berbasis teknologi NFC yang dikembangkan oleh Indosat bersama Sony FeliCa, Jepang. Sony FeliCa telah mengembangkan teknologi NFC di Jepang (Suica) dan Hongkong (Octopus) dan saat ini telah memiliki 600 juta kartu beredar. Indonesia adalah negara ketiga setelah Jepang dan Hongkong, dimana Sony FeliCa beroperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agnes Savithri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper