Menkominfo Himbau Pemprov Sumsel Punya Akun Medsos

Ringkang Gumiwang
Selasa, 9 Juni 2015 | 21:10 WIB
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, PALEMBANG -- Guna meningkatkan transparansi dan kemudahan akses informasi masyarakat, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menghimbau Pemprov Sumatra Selatan dan seluruh instansinya untuk memiliki akun media sosial (Medsos).

Menkominfo Rudiantara mengatakan medsos bisa dimanfaatkan untuk menciptakan arus informasi publik yang cepat, mudah, dan akurat. Apalagi, di tengah perubahan arus komunikasi zaman digital yang kian terbuka saat ini.
"Petugas humas pemerintah harus berubah, demi  mendukung program Government Public Relation [GPR]. Kini mereka harus memiliki akun media sosial karena  lewat cara inilah komunikasi dua arah antara publik dan pemerintah terjadi dengan cepat," ujarnya, Selasa (09/06).
Demi memaksimalkan fungsi GPR, lanjut Rudiantara, Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet dan Kantor Staf Kepresidenan untuk mengolah informasi dalam bentuk agenda setting. Hal bertujuan agar informasi yang diterima masyarakat lebih jelas.
Selain itu, agenda setting juga dilakukan untuk menentukan arah pemberitaan mengenai kebijakan tertentu, sekaligus mengimbangi arah pemberitaan dari media. Dengan demikian, masyarakat dapat menilai kebijakan tersebut, dengan berbagai perspektif.
Gubernur Sumsel Alex Noerdin menambahkan Pemprov Sumsel akan terus membangun kepercayaan media pada pemerintah sebagai sumber informasi yang akurat dan dapat dipercaya melalui peningkatan peran kehumasan. Dia mengaku humas dari Pemprov Sumsel masih belum berjalan maksimal.
"Kami harap dengan peningkatan peran kehumasan ini, semua lini instansi pemerintah daerah baik secara vertikal dan horizontal bisa saling memperkuat satu sama lain, serta menunjukkan kesatuan sehingga ada pengorganisasian dalam hubungannya dengan media," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper