BPPT Berupaya Maksimalkan IT Di Pemilu

Rahmayulis Saleh
Jumat, 19 September 2014 | 18:37 WIB
Petugas BPPT tengah memperagakan pemakain e-voting untuk pemilukada. Bisnis/Rahmayulis Saleh
Petugas BPPT tengah memperagakan pemakain e-voting untuk pemilukada. Bisnis/Rahmayulis Saleh
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi terus berupaya memaksimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemilihan umum legislatif, pemilihan presiden dan wakil presiden, dan kepala daerah. Salah satu cara pemilihan tersebut melalui e-voting.

Hamam Riza, Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) BPPT, mengatakan e-voting merupakan pilihan yang inovatif dan penting dalam mendukung pilar demokrasi yang berkualitas.

Diharapkan e-voting mampu mengatasi permasalahan dalam penyelenggaran pemilu pada tahun-tahun sebelumnya," katanya di Jakarta dalam diskusi bertema Pilkada langsung dengan e-voting, kenapa tidak? di Jakarta, Jumat (19/9/2014).

Dia mengatakan BPPT sudah mengusulkan pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) langsung, dengan menggunakan teknologi e-voting.

Menurut dia, dengan e-voting, pemilukada bisa lebih transparan, akuntabel, cepat dan akurat, serta efisien, sesuai dengan karakteristik utama TIK yang mampu mendukung transparansi, mampu menghilangkan dimensi jarak dan waktu.

"Sudah saatnya kita melakukan revolusi mental, dan perubahan dalam sistem pemilu, dengan tetap menggunakan 6 azas pemilu Indonesia, yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Juga reformasi dalam tata kelola sistem kepemiluan secara umum," ungkapnya.

Faisol Ba'Abdullah,
Chief Engineering Program Pemilu e-Voting BPPT, menambahkan dengan sistem e-voting, masyarakat memilih calon kepala daerahnya pada mesin yang akan mengeluarkan kertas, sebagai bukti telah memilih. Jadi tidak akan menyoblos pada kertas suara lagi.

Menurut Faisol, pemilukada langsung dengan e-voting ini lebih efisien dan efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmayulis Saleh
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper