Android One, Smartphone Murah Terbaru Besutan Google

Feni Freycinetia Fitriani
Selasa, 16 September 2014 | 18:43 WIB
Bagikan

Bisnis.com, CALIFORNIA--Google telah meluncurkan smartphone pertama yang berjalan di platform Android One. Produk ini merupakan standar yang dirancang Google untuk membantu mendorong smartphone terjangkau di negara berkembang.

Inspirasi untuk membuat smartphone android harga terjangkau ini dilakukan di India dimana Micromax, Spice, dan Karbonn menjual telepon pintar dengan spesifikasi layar 4,5 inci, RAM 1 Giga, kamera belakang 5 MP, 1,3GHz quad core Media Tek Processor, dual-SIM slots, dan FM Radio.

Android One akan diluncurkan pertama di India. Setelah itu, smartphone murah ini akan dipasarkan ke Indonesia, Filipina, Pakistan, Sri Lanka, Bangladesh, dan Nepal sebelum akhir 2014.

Seperti dilansir The Verge, Android One akan dilengkapi versi YouTube spesial dimana konsumen bisa menonton video berulang-ulang tanpa harus menyedot data. Smartphone ini akan dijual di pasar dengan harga sekitar US$105.

Kendati ponsel serupa banyak beredar di pasar, Google mengklaim Android One mampu merepresentasikan sebuah pengalaman konsumen yang menarik.

Google akan mendorong pembaruan perangkat lunak sendiri. Ini akan menghindari situasi yang muncul beberapa tahun yang lalu di bagian lain dunia, di mana ponsel bertenaga rendah terjebak pada versi awal Android tanpa harapan update, meninggalkan pelanggan tidak dapat mengakses aplikasi dan layanan baru.

Google mengatakan beberapa produsen telepon genggam, termasuk HTC, Asus, Acer, Panasonic, Lenovo, dan Qualcomm akan bergabung dalam program ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper