Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Telkom Bangun Kabel Laut Internasional ke Amerika

PT Telekomunikasi Indonesia Persero Tbk. (TLKM) berencana membangun kabel laut internasional yang menghubungkan Indonesia ke belahan timur hingga Amerika.
Gloria Natalia Dolorosa
Gloria Natalia Dolorosa - Bisnis.com 28 Agustus 2014  |  22:21 WIB
 Telkom berencana membangun kabel laut ke Amerika. - Bisnis
Telkom berencana membangun kabel laut ke Amerika. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Indonesia Persero Tbk. (TLKM) berencana membangun kabel laut internasional yang menghubungkan Indonesia ke belahan timur hingga Amerika.   

Rencana ini dijalankan lewat konsorsium Southe Asia-United States (SEA-US) yang terdiri dari tujuh perusahaan telekomunikasi, termasuk anak usaha TLKM, yakni PT Telekomunikasi Internasional Indonesia (Telin). Enam perusahaan lain yakni Globe Telecom, RAM Telecom International (RTI), Hawaiian Telecom, Teleguam Holdings (GTA), GTI Corporation, dan Telekomunikasi Indonesia International Inc. (Telkom USA).

“Konsorsium menganggarkan investasi US$250 juta dan diharapkan proyek selesai pada Desember 2016,” kata Direktur Utama TLKM Arief Yahya dalam konferensi pers, Kamis, (28/8/2014).

Sistem kabel laut internasional ini memiliki sekitar 15.000 kilometer yang membentang dari Indonesia hingga Amerika. Kabel laut SEA US menghubungkan lima area dan teritori, yakni Manado (Indonesia), Davao (Filipina), Piti (Guam), Oahu (Hawaii, AS), dan Los Angeles (California, AS).

“Sistem kabel laut ini mampu menyediakan latency yang paling rendah dari Indonesia ke Amerika Serikat dibandingkan dengan sistem kable laut internasional lain yang ada saat ini,” ujar Arief.

Beberapa keunggulan SEA-US yakni hambatan relatif kecil meski di saat trafik padat (lowest latency), posisi kabel tidak berada di kawasan gunung berapi dan patahan bumi sehingga probabilitas terkena bencana alam cenderung kecil. Keunggulan lain yakni rute pembangunan kabel laut hampir 70% ke kawasan Amerika.  

TLKM juga sudah mengantongi rencana pembangunan jaringan kabel laut yang berjuluk Indonesia Global Gateway untuk menghubungkan SEA-ME-WE 5 dengan SEA-US. South East Asia-Middle East-Western Europe 5 (SEA-ME-WE 5)  merupakan konsorsium yang mebangun sistem komunikasi kabel laut yang menghubungkan Indonesia ke negara-negara belahan barat hingga Eropa. Konsorsium ini dibentuk pada 7 Maret 2014.  

.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom arief yahya tlkm sistem komunikasi kabel laut kabel laut
Editor : Setyardi Widodo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top