Hati-Hati Penipuan 'MH370 Ditemukan di Segitiga Bermuda & Seluruh Penumpang Selamat'

Sepudin Zuhri
Selasa, 8 April 2014 | 10:26 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - "Video pesawat Malaysia MH370 ditemukan di Segitiga Bermuda. Penumpang selamat." "Pesawat yang hilang telah ditemukan!"

Dilansir dari CNN, Selasa (8/4/2014), berita seperti ini mungkin tampak menggoda. Itu video dan link itu adalah penipuan, menurut Better Business Bureau.

Mereka muncul di situs media sosial seperti Facebook dan Twitter dan sedang diedarkan dalam email.

Sebab orang menunggu dengan cemas untuk jawaban atas misteri jet Malaysia Airlines itu, link ini menjanjikan rekaman "eksklusif " atau sesuatu yang mengejutkan.

Ketika Anda mengklik pada link, Anda mungkin akan diminta untuk "memperbarui pemutar video Anda. "Jika Anda setuju, Anda men-download malware yang dapat memungkinkan seorang penyerang untuk mengambil alih komputer Anda.

Variasi lain meminta Anda untuk berpartisipasi dalam survei dan membocorkan semua informasi Anda, membuka untuk mencuri identitas Anda. Dan banyak penipuan memaksa Anda untuk berbagi video sebelum menonton, mencantumkan kontak Anda juga berisiko.

Ini bukan pertama kalinya hacker telah menggunakan berita untuk keuntungan mereka. Christopher Budd, manajer global ancaman komunikasi di Trend Micro, mengatakan penipuan serupa muncul setelah pemboman maraton di Boston.

Cyberattackers juga telah mengambil keuntungan dari kematian selebriti dan berita utama lainnya.

Jadi bagaimana Anda bisa melindungi diri sendiri? Maka penting bagi Anda untuk mendapatkan berita tentang MH370 dari situs berita terpercaya bukan melalui email dan media sosial.

Better Business Bureau merekomendasikan mencermati link sebelum mengklik untuk melihat tujuan. Hindari website yang masih asing bagi Anda.

Juga, jangan percaya link hanya karena teman berbagi-teman yang mungkin menjadi korban penipuan atau account mungkin telah dicuri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper