Fokus Mobile Commerce, Rakuten Belanja Online Gandeng Line

Juli Etha Ramaida Manalu
Rabu, 26 Februari 2014 | 01:08 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rakuten Belanja Online, salah satu marketplace online asal Jepang menggandeng layanan komunikasi instan Line dengan tujuan agar fokus pada mobile commerce dan pemberdayaan ekonomi lokal.

Konsumen bisa mengumpulkan stiker Rakuten dan menerima update informasi tentang produk dan promosi terbaru yang akan diadakan. Kerja  sama ini diharapkan bisa mendongkrak gross merchandise value (GMV), mengingat pada 2013 Rakuten mencatatkan peningkatan GMV sebesar 152% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Indonesia adalah salah satu pasar dunia dengan penetrasi smartphone tertinggi. Jadi, RBO secara serius harus memasukkan peningkatan mobile commerce ke dalam rencana kami,” kata Presiden Direktur dan CEO Rakuten Belanja Online (RBO) Ryota Inaba, Selasa (25/2/2014).

RBO mencatat angka pemesanan yang dibayar (paid orders) meningkat 147% dibanding tahun lalu. Sementara itu, angka kunjungan mobile meningkat132% pada semester kedua 2013 dibandingkan dengan semester I di tahun yang sama.

Berdasarkan On Device Research, pesan instan mendominasi penggunaan smartphone di Indonesia pada tahun lalu. 60% Pengguna smartphone diperkirakan  menggunakan aplikasi messaging lebih dari 10 kali perhari dibandingkan dengan SMS 45% dan panggilan telepon 20% dan email 15%.

Penelitian ini juga melaporkan bahwa Line merupakan aplikasi messaging sosial terpopuler ketiga bagi pengguna smartphone di Indonesia, setelah Whatsapp dan Blackeberry Messenger (BBM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Nurbaiti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper