Kominfo Minta Layanan Darurat di Kawasan Bencana Dilanjutkan

Rezza Aji Pratama
Minggu, 19 Januari 2014 | 21:43 WIB
Kominfo juga membuka ruang untuk keluhan terkait layanan komunikasi di daerah bencana langsung kepada kementerian. /bisnis.com
Kominfo juga membuka ruang untuk keluhan terkait layanan komunikasi di daerah bencana langsung kepada kementerian. /bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta penyelenggara  telekomunikasi melanjutkan layanan darurat pada kawasan bencana di Manado, Jakarta, dan Gunung Sinabung. 

Kepala Komunikasi dan Informasi Kominfo Gatot S. Dewa Broto menyatakan di Kabupaten Karo, per tanggal 18 Januari seluruh base transceiver station (BTS) tetap berfungsi meski tertutup abu vulkanik Gunung Sinabung. Kendati terjadi peningkatan trafik, layanan komunikasi masih tetap berjalan optimal.

“Kami telah berkoordinasi dengan penyelenggara komunikasi dan mitra terkait,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (18/1/2013). 

Dari Manado dilaporkan beberapa BTS 2G dan 3G masih belum berfungsi akibat banjir dan longsor. Petugas di lapangan kesulitan memperbaiki BTS yang rusak karena akses jalan terputus.

Namun, Gatot menyatakan proses perbaikan terus diupayakan dengan mengirimkan genset untuk menghidupkan BTS. Di ibukota, Kominfo mengklaim belum ada laporan mengenai infrastruktur yang rusak. Namun, penyelenggara telekomunikasi diminta tetap memperhitungkan skenario terburuk jika sampai ada BTS yang terendam banjir. 

Gatot melanjutkan pihaknya sudah menginstruksikan penyelenggara telekomunikasi untuk terus melaporkan kerusakan dan proses penanganan layanan komunikasi di daerah rawan bencana. Selain itu, mereka juga diminta untuk mensiagakan tim teknis untuk mengantisipasi bencana susulan. 

Kominfo juga membuka ruang untuk keluhan terkait layanan komunikasi di daerah bencana langsung kepada kementerian. Publik bisa langsung menghubungi pihak berwenang melalui akun twitter @kominfo dan @gsdewabroto dan kemudian di-forward ke penyelenggara telekomunikasi agar bisa direspon secepatnya. 

Sementara itu, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) menyatakan di Manado, seluruh sentra telepon otomatis yang melayani telepon kabel masih berfungsi meski harus menggunakan genset. Vice President Public Relations Telkom Arif Prabowo mengatakan pihaknya telah mendirikan posko Telkom Care yang beroperasi 24 jam pada hotline 0431-843456. Melalui posko ini, masyarakat bisa mendapatkan layanan telekomunikasi berupa kartu perdana, isi pulsa, charger ponsel, akses Internet, dan layanan suara. 

“Beberapa BTS memang sempat tidak berfungsi, namun terus kami perbaiki,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (16/1/2013). 

Selain di Manado, Telkom juga melakukan hal yang sama di kawasan bencana Gunung Sinabung. Selain menjaga agar layanan telekomunikasi tetap berjalan baik, Telkom juga mengklaim telah memberikan bantuan logistik kepada pengungsi. Selain itu, Telkom juga memastikan layanan telekomunikasi di instansi penanganan bencana seperti kantor Gubernur dan Kepolisian tetap berjalan normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper