Waspadalah, Ponsel Anda Disadap NSA

Lukas Hendra TM
Selasa, 31 Desember 2013 | 14:47 WIB
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com
Bagikan
Bisnis.com JAKARTA – National Security Agency (NSA) Amerika Serikat mengambil data dalam jumlah yang besar dari iPhone sejalan dengan dibocorkannya dokumen NSA pada 2008 oleh Majalah Jerman Der Spiegel dan peneiliti keamanan Jacob Appelbaum.

Seperti dilansir oleh Macrumor.com, laporan yang diterbitkan Forbes itu, NSA bisa menginstal software khusus ke iPhone sebagai bagian dari sebuah program yang disebut dropoutjeep yang menyediakan akses signifikan untuk data pengguna dan informasi lain yang relevan .

Dropoutjeep adalah implan software untuk iPhone Apple yang menggunakan aplikasi mission modular untuk menyediakan fungsionalitassigint tertentu.

Fungsi ini mencakup kemampuan jarak jauh untuk mendorong/menarik file dari perangkat seperti pengambilan pesan singkat, daftar kontak pengambilan, pesan suara, geolocation, pembicaraan panas, hasil foto, lokasi menara seluler, dan lainnya.  

Command , kontrol dan data exfiltration dapat terjadi selama pesan singkat atau koneksi data GPRS . Semua komunikasi dengan implan akan rahasia dan dienkripsi

DROPOUTJEEP

NSA pada 2008 menyatakan tingkat keberhasilan 100% dalam menginstal perangkat lunak pada ponsel itu memiliki akses fisik yang memungkinkan agen mata-mata meningkatkan perangkat lunak sehingga dapat diinstal dari jarak jauh atau melalui semacam rekayasa social, yakni sesuatu yang khusus disebutkan dalam dokumen.

Ada juga kemungkinan bahwa Apple telah menutup lubang keamanan NSA sehingga NSA lebih sulit untuk berkompromi dengan perangkat iOS melalui cara ini .

Appelbaum mengatakan dia percaya Apple membantu NSA dalam upaya mata-mata yang meskipun ia tidak bisa membuktikannya.

“Saya berharap Apple akan menjelaskan bantuan seperti apa yang Apple berikan ke NSA,” katanya dalam ceramah di Chaos Communication Congress,  Jumat (27/12/2013).

Selain itu, NSA menargetkan pemasangan software untuk sejumlah smartphone yang berbeda termasuk yang menggunakan sistem operasi Android dan sistem operasi BlackBerry .

Sebelumnya pada bulan awal Desember, CEO Apple Tim Cook beserta eksekutif teknologi lainnya bertemu dengan Presiden Obama untuk membahas taktik pengawasan NSA, menyusul surat terbuka dari Apple dan tujuh perusahaan teknologi lainnya ke Presiden dan Kongres yang berisi meminta pemerintah untuk mereformasi pengawasannya taktik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Rustam Agus
Sumber : Macrumors.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper