Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Komputer Tablet Bakal Rajai Pasar Hingga Akhir 2013

Produk iPad keluaran Apple Inc. dan komputer tablet lainnya akan laris manis pada musim libur akhir tahun ini, namun mulai tahun depan pertumbuhannya diperkirakan melambat.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 04 Desember 2013  |  08:19 WIB
Komputer Tablet Bakal Rajai Pasar Hingga Akhir 2013

Bisnis.com, JAKARTA—Produk iPad keluaran Apple Inc. dan komputer tablet lainnya akan laris manis pada musim libur akhir tahun ini, namun  mulai tahun depan pertumbuhannya diperkirakan melambat.

Penjualan komputer tablet akan naik 54% tahun ini menjadi 221,3 juta sebelum melambat 22% pada 2014 dan tumbuh hanya di bawah 10% pada 2017, menurut perusahaan riset teknologi informasi IDC.

Popularitas telepon pintar dengan layar lebar, ditambah jenuhnya pasar tablet di AS dan sejumlah negara lainnya, akan memicu perlambatan pertumbuhan, menurut IDC. Perusahaan itu sebelumnya memperkirakan penjualan pada 2013 sebesar  227,4 juta.

Tahun ini tablet termasuk peralatan paling populer untuk hadiah setelah Apple, Samsung Electronics Co. dan Amazon.com Inc. meluncurkan produk baru bertepatan dengan musim belanja akhir tahun ini.

Dominasi Apple ditantang oleh Samsung, Amazon dan pesaing lainnya yang menawarkan tablet dengan harga lebih rendah dan menggunakan sistem operasi Android dari Google Inc.’s. Android akan menguasai 61% pangsa pasar tablet pada 2013 atau naik dari 52% tahun lalu, sedangkan pangsa pasar Apple akan turun 35% dari 46%, menurut IDC sebagaimana dikutip Bloomberg, Rabu (4/12/2013).

Pada 2017, IDC memprediksi Microsoft Corp. akan menjadi pemain besar dengan pangsa pasar 10% untuk produk tablet, sedangkan Apple menguasai 31% dan Android 59%.  (ra)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google inc komputer tablet

Sumber : Bloomberg

Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top