Smartphone Jolla Oy, Tantang Android, Peranti Lunak Nokia Bangkit Kembali

John Andhi Oktaveri
Kamis, 28 November 2013 | 09:54 WIB
Ponsel Pintar Jolla/Jollausers.com
Ponsel Pintar Jolla/Jollausers.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pabrik telepon pintar asal Finlandia, Jolla Oy mulai menantang Apple Inc. dan Google Inc. setelah produk handset pertamanya mampu mencuri perhatian pembeli yang menginginkan sesuatu yang baru.

Perusahaan yang didirikan oleh mantan karyawan Nokia itu mampu menjual habis produk pertamanya, setelah pembeli memborong puluhan ribu unit melalui pesanan di muka (preorder).  Bahkan, sebanyak 450 unit produk pertama langsung diborong saat acara pameran di Helsinki kemarin.

Ketimbang hanya bersaing di bidang bisnis peranti keras, Jolla secara cerdik memilih memamfaatkan teknologi Android keluaran untuk menjual peranti lunaknya ke perusahaan peralatan komunikasi dengan margin keuntungannya lebih tinggi. Peralatan pertama yang dikeluarkannya ditujukan sebagai produk percontohan untuk menunjukkan kehandalan sistem operasi perusahaan itu.

“Ini merupakan produk yang menunjukkan pandangan idealistis kami tentang bagaimana kami seharusnya punya pandangan terhadap telepon seluler,” ujar Antti Saarnio, pendiri sekaligus pimpinan Jolla sebagaimana dikutip Bloomberg, Kamis (28/11/2013).

Menurutnya, dari sisi bisnis pihaknya sudah mati, tetapi melalui produk telepon pintarnya dan dikombinasikan dengan kehandalan mitranya, Saarino yakin akan mampu menjual jutaan produk telepon pintar.

Harga jual Jolla senilai 399 euros (US$542) tanpa mendapat subsidi dari perusahaan telepon nirkabel. Harga tersebut sudah termasuk pajak di uni Eropa. Saat ini perusahaan itu telah menerima pesanan di muka dari 136 negara dan berencana menjual produk itu di Eropa dan China pada 2014.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper