Indosat Terlibat Penyadapan Australia? Ini Pernyataan Menkominfo

Bambang Supriyanto
Kamis, 28 November 2013 | 13:46 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan tuduhan terhadap operator telekomunikasi Indosat dalam keterlibatan penyadapan Australia harus dibuktikan.

"Kemungkinan itu banyak, tapi kita tidak boleh sembarang menuduh," kata Tifatul selepas melantik tiga pejabat eselon I Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta, Kamis (28/11).

Menkominfo menjelaskan kementeriannya telah memanggil seluruh operator telekomunikasi untuk meminta klarifikasi terkait penyadapan terhadap Presiden RI, Wakil Presiden RI, dan sejumlah pejabat lain negara.

"Secara logika, penyadapan itu pasti melalui operator. Hanya, itu perlu dibuktikan karena sementara itu berasal dari pernyataan Snowden. Apakah betul operator terlibat? Saya pikir tidak juga," kata Menkominfo.

Kemenkominfo, lanjut Tifatul, telah menerima klarifikasi dari sejumlah operator terkait tujuh instruksi yang dikeluarkan pada Kamis (21/11).

"Kami juga sedang menyusun pembaruan pengamanan jalur komunikasi untuk Presiden dan Wakil Presiden berupa konsep standar komunikasi pejabat publik," kata Tifatul.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo seperti dikutip media nasional, mengatakan operator telekomunikasi Indosat berada di belakang penyadapan Australia terhadap pejabat negara Indonesia.

Roy mengatakan penjualan Indosat menjadi awal upaya penyadapan dan Indosat mempunyai infrastruktur telekomunikasi paling lengkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper