Komersialisasi Layanan 4G XL Tunggu Hasil Konsolidasi

Ismail Fahmi
Senin, 23 September 2013 | 18:51 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Operator PT XL Axiata Tbk meyakini komersialisasi layanan seluler generasi ke empat (4G) yang mengusung teknologi Long Term Evolution (LTE) masih menunggu kesiapan ekosistem industri.

"Saya rasa (komersial 4G XL) tidak tahun ini, dari sisi regulasi belum siap, kami juga menunggu hasil merger dengan Axis," kata Presiden Direktur XL Axiata Tbk, Hasnul Suhaimi, di sela uji coba layanan 4G, di Jakarta, Senin (23/9/2013)

Dalam uji coba tersebut, Hasnul didampingi Country Manager Huawei Sheng Kai, dan Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan melakukan komunikasi berupa "video conference" melalui layanan LTE dengan Vice President XL Axiata East Region, Titus Dondi, yang saat itu berada di kawasan Nusa Dua, Bali.

Menurut Hasnul, uji coba yang digelar selama penyelenggaraan KTT APEC 1-8 September 2013 itu memberikan gambaran bahwa dari sisi infrastruktur XL sudah siap memberikan layanan 4G.

Namun,  tambahnya, komersialisasi layanan 4G sangat tergantung pada seberapa kesiapan seluruh pemangku kepentingan pada industri ini, mulai dari regulator, operator, penyedia jaringan, hingga kesiapan handphone, termasuk dari aspek bisnis.

Khusus XL diutarakan Hasnul, komersialisasi 4G menunggu hasil konsolidasi dengan Axis Telekom Indonesia yang saat ini masih dalam tahap penjajakan.

Saat ini XL sedang menunggu rekomendasi teknis konsolidasi XL dengan Axis dari Kementerian Kominfo.

Rekomendasi teknis tersebut sebagai acuan untuk menindaklanjuti rencana konsolidasi tersebut memasuki tahap Conditional Sales Purchase Agreement (CSPA) antara XL dengan Axis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper