Ditolak Jadi Skripsi, Aplikasi Belanja Online Dimaz Tembus INAICTA

Galih Kurniawan
Minggu, 1 September 2013 | 02:54 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Jual beli online kian marak dilakukan masyarakat Indonesia, apalagi dengan kemunculan berbagai marketplace yang menjadi wahana untuk menjual dan mencari barang. 

Jumlah penyedia marketplace yang membeludak itulah yang menginspirasi Dimaz Arno Prasetio membuat apalikasi mesin pencari khusus belanja online.

Aplikasi web yang diberi namaTinggalCari.com itu bahkan mampu menembus ajang Indonesia ICT Award (INAICTA) 2013.

“Aplikasi ini pernah saya ajukan untuk skripsi tapi ditolak, sekarang saya coba ikutkan di INAICTA,” ujar alumnus STT Telkom Bandung ini, Sabtu (31/8/2013). 

Ide pembuatan TinggalCari.com ternyata dilatarbelakangi pengalaman sehari-hari Dimaz saat berbelanja online. “Sebenarnya sederhana saja, orang belanja pasti mau bandingkan harga. Beberapa barang juga sulit ditemukan,” katanya. 

Menurutnya, meski cukup sederhana aplikasi yang dibuatnya ternyata cukup membantu orang saat berbelanja barang secara online.

Konsep mashup semacam itu memang sudah banyak digunakan sejumlah penyedia layanan online, salah satunya pemesanan tiket online.

Saat ini TinggalCari.com baru menyediakan fasilitas pencarian empat marketplace yakni Forum Jual Beli Kaskus, Tokobagus, Berniaga dan Tokopedia. Ke depan Dimaz berencana menambah fasilitas pencarian di marketplace lainnya.

“Saya juga masih mencari investor untuk mengembangkannya, saat ini kapasitas masih terbatas,” katanya. 

Dia menyebutkan dalam sehari kunjungan ke TinggalCari.comsudah mencapai 20.000 kali. Dia optimistis aplikasinya dapat berkembang lantaran menjadi wahana antar marketplace untuk bertukar pengguna.

Dia juga berharap ke depan marketplace akan terintegrasi dengan sistem pembayaran sehingga memudahkan transaksi.

Aplikasi buatan Dimaz merupakan salah satu dari 168 peserta yang berpartisipasi dalam pameran Indonesia ICT Award (INAICTA) 2013 di Jakarta Connvention Center. Pameran karya inovatif di bidang teknologi itu digelar mulai 31 Agustus hingga 1 September.

Menurut panitia, total peserta yang mendaftar INAICTA tahun ini lebih dari 900. Minggu malam panitia akan mengumumkan pemenang INAICTA 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Galih Kurniawan
Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper