Ponsel Windows Geser BlackBerry, Android Masih Jawara

Thomas Mola
Rabu, 14 Agustus 2013 | 20:11 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sistem operasi Windows Phone menggeser posisi OS BlackBerry dari posisi ketiga dunia.Windows Phone berhasil merebut 3,3% pangsa pasar, sedangkan BlackBerry turun ke posisi keempat dengan 2,7% pangsa pasar. Sebelumnya Blackberry menguasai 5,2% pangsa pasar.

Lembaga riset teknologi informasi dunia, Gartner, dalam risetnya menemukan pada kuartal II/2013 pengiriman BlackBerry merosot dari 7,9 juta unit menjadi 6,1 juta unit.

"Microsoft mencatat pertumbuhan pada kuartal ini. Microsoft perlu melanjutkan fokus pada pertumbuhan pengembangan aplikasi untuk menunjang pertumbuhan pengguna," ujar Anshul Gupta, Principal Research Analyst at Gartner, Rabu (14/8/2013)

Adapun OS Android semakin menegaskan diri memimpin pasar dengan pangsa pasar 79%. Walau menurun, Apple iOS tetap berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 14,2%. Sebelumnya Apple iOS menguasai pasar sebesar 18,8%.

Gartner mengungkapkan pada kuartal II/2013, penjualan ponsel pintar naik 46,5% atau sebanyak 225 juta unit dibandingkan dengan kuartal yang sama periode sebelumnya yang berjumlah 153 juta unit.

Ponsel pintar mencatat pertumbuhan terbesar di Asia Pasifik 74,1%, Amerika Latin 55,7%, dan Eropa Timur 31,6%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper