Inilah Bocoran Fitur-fitur iPhone 5S

Fitri Sartina Dewi
Rabu, 14 Agustus 2013 | 11:05 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  -  Apple baru akan merilis info mengenai ponsel terbarunya iPhone 5S pada 10 September mendatang. Namun, sebagian besar pengamat teknologi sudah membuat perkiraan bagaimana bentuk dan teknologi iPhone 5S.

Apple telah merevolusi industri smartphone saat merilis Iphone pertama di tahun 2007. Namun, banyak yang telah berubah dalam enam tahun dan adanya persaingan-persaingan dari perangkat Android khususnya Samsung dan LG telah mengurangi angka penjualan Apple.

IDC, perusahaan riset pasar dan teknologi pekan lalu telah melaporkan bahwa pangsa kuartal terakhir Apple dari pasar smartphone global turun menjadi 13,2% dari 16,6% di tahun sebelumnya. Sementara, Android berhasil mengalami peningkatan dengan meraup 79,3% dari pasar, naik dari periode sebelumnya yaitu 69,1%.

Persaingan pasar menjadi tantangan bagi Apple apakah mereka mampu menjadikan iPhone 5S menjadi ponsel andalan yang banyak diminati. Dilansir Huffington Post, iPhone 5S disebut-sebut memiliki fitur yang menarik, berikut ini adalah perkiraan teknologi yang akan dapat kita jumpai pada ponsel pintar tersebut.

Sensor Sidik Jari Pada Convex Home Button

Tahun lalu Apple diam-diam membeli AuthenTec yaitu sebuah perusahaan yang membuat teknologi sensor sidik jari senilai US$ 365 juta dan diperkirakan Apple akan menggunakan tekonolgi AuthenTec dalam iPhone berikutnya. Cult of Mac menyebut sensor sidik jari nantinya akan tertanam pada tombol Home cembung dan ditutupi dengan kaca anti gores safir.

Ukuran

iPhone 5S tampaknya menjadi ukuran yang sama dengan iPhone 5, yang akan konsisten dengan dengan seri S lainnya, upgrade iPhone 4 ke iPhone 4S, dan 3G ke 3GS sebelumnya. Selama akhir pekan, 9to5Mac memposting gambar dari Tinh te, sebuah situs Vietnam, yang dimaksudkan untuk menunjukkan maket iPhone 5S dan  iPhone5C, yaitu iPhone berbahan plastik dengan harga lebih terjangkau.

Reuters melaporkan pada bulan Juni bahwa Apple juga menguji layar 4,7 inci dan 5,7 inci untuk ponsel yang baru akan diluncurkan tahun depan.

Kamera 12 Megapiksel 

iPhone 5S akan memiliki kamera 12-megapixel, menurut sebuah laporan pada April 2013 dari Tinh te. Bulan lalu 9to5 Mac melaporkan bahwa kamera iPhone 5S mungkin juga mampu merekam video 120 frame per detik, yang memungkinkan untuk video gerak lambat.

Dua Flash, Double Fun

Cult of Mac memberikan bocoran gambar bagian  iPhone 5S yang dimaksudkan untuk menunjukkan potongan ekstra besar di bagian belakang kamera, yang akan cukup besar untuk dual LED flash yang dapat memberikan gambar berkualitas tinggi dalam kondisi cahaya rendah.

Komposisi

iPhone 4 dan 4S memiliki punggung kaca dan iPhone 5 terbuat dari aluminium. Apple mungkin akan beralih lagi. Salah seorang Boys Genius Report (BGR) Jonathan Geller memprediskikan bahwa Apple kali ini bekerjasama dengan Liquidmetal, akan menggunakan sebuah material paduan yang  kuatnya dua kali dari titanium. Seperti dicatat Engadget, Apple tahun lalu memperpanjang perjanjian eksklusif dengan Liquidmetal sampai dengan 2014.

3 Pilihan warna

iPhone biasanya hanya menawarkan pilihan dua jenis warna yaitu hitam dan putih sejak ponsel berteknologi 3G dirilis pada tahun 2008, tapi Cult of Mac melaporkan bahwa  iPhone 5S mungkin tersedia juga dalam emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper