Hari H Lebaran, Trafik Data Indosat Meningkat

Thomas Mola
Selasa, 13 Agustus 2013 | 19:57 WIB
Bagikan

Binsis.com, JAKARTA -Indosat menyebutkan pada hari H lebaran tahun ini, hanya trafik komunikasi data yang mengalami peningkatan, sementara trafik suara dan pesan pendek mengalami penurunan. Selama hari H lebaran 2013, trafik suara menurun 10,13%, trafik pesan pendek menurun 4,46%, dan trafik komunikasi data meningkat 53,34% jika dibandingakan dengan hari H lebaran tahun lalu.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis (13/8) Indosat mengklaim tetap memberikan kualitas layanan yang baik selama hari H lebaran karena telah mengantisipasi kenaikan trafik dengan mempersiapakan infrastruktur.

Mengantisipasi kenaikan trafik, Indosat talah meningkatkan kapasitas seluruh layanan telekomunikasi baik suara, pesan pendek, maupun data. Indosat meningkatkan kapasitas trafik suara menjadi 1.080 juta menit/hari, sementara untuk pesan pendek kapasitas meningkat menjadi 1,45 milyar pesan pendek/hari, dan kapasitas layanan data meningkat menjadi 150 terabyte/hari.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, upaya meningkatkan kesiapan jaringan Indosat menghadapi ramadan, mudik, dan lebaran tahun 2013 juga didukung dengan program modernisasi jaringan yang masih terus berlangsung. Modernisasi jaringan ini memberikan kekuatan sinyal, jangkauan yang lebih luas, dan layanan data yang lebih baik.

Indosat menyebutkan jika membandingkan trafik hari biasa dengan trafik hari H lebaran maka trafik suara mengalami penurunan, sedangkan trafik pesan pendek dan data meningkat. Trafik suara nasional pada hari H mengalami penurunan menjadi 340,96 juta menit, atau turun 8,88% dibandingkan dengan trafik suara reguler hari biasa. Kenaikan tertinggi trafik suara hanya terjadi di wilayah kota Sumatra Selatan (21,55%), Jawa Tengah (10,51%), dan Jawa Barat (3,39%).

Adapun untuk trafik pesan pendek di hari H lebaran meningkat menjadi sekitar 979 juta pesan pendek atau naik 20,20% dibandingkan trafik pesan pendek reguler hari biasa. Keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat mencapai 95,87% atau tidak mengalami permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat.

Untuk tingkat keberhasilan pengiriman pesan pendek antar operator mencapai sekitar 92,73% walau pada saat itu terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator. Kenaikan trafik pesan pendek tertinggi terjadi di kota/wilayah Jawa Tengah (38,82%), Jawa Timur (33,21%), Jawa Barat (27,91%), dan Kalimantan (13,73%).

Untuk trafik data Indosat selama hari H lebaran meningkat menjadi 68,36 terabyte/hari atau naik 22,67% dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper