Telkom Gelar Layanan IndiHome di Balikpapan

Rachmad Subiyanto
Rabu, 31 Juli 2013 | 13:12 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— PT Telekomunikasi Indonesia Tbk menggelar uji coba (trial) layanan Indonesia digital home (IndiHome) yang menggabungkan produk layanan data, suara sekaligus televisi berbayar dengan target penjualan 189.000 pelanggan di Kalimantan hingga 2014 mendatang.

General Manager PT Telkom Wilayah Kaltim Selatan Subandrio mengatakan layanan IndiHome tersebut merupakan paket bundling terintegrasi produk yang dimiliki oleh pihaknya. Layanan ini didukung dengan kabel fiber optik berkapasitas hingga 100 Mbps.

Subandrio menambahkan pihaknya akan menyasar segmen masyarakat menengah ke atas yang prospektif dengan layanan ini.

“Perumahan dulu yang kami sasar. Namun, tidak menutup kemungkinan akan menyasar segmen pasar lain yang juga potensial,” ujarnya saat ujicoba layanan IndiHome di salah satu rumah pelanggan, Rabu (31/07/2013).

Untuk wilayah Balikpapan, rencananya akan ada 12 lokasi yang siap untuk memasarkan layanan IndiHome. Dia menyebutkan kesiapan jaringan fiber optik di Balikpapan memang lebih siap dibandingkan dengan daerah lain di Kalimantan.

Saat ini, pengembangan jaringan sudah hampir siap untuk pelanggan pada 12 lokasi tersebut. Operation Senior Manager Construction Supervision Telkom Kalimantan Zahrial Hamid Nasution mengatakan pembangunan jaringan ini mulai dilakukan pada 2012 dan terus berlangsung hingga saat ini.

 “Kemungkinan habis Lebaran, jaringan akan digeber di Samarinda dan kemudian ke kota-kota lain seperti Banjarmasin, Palangkaraya, dan Tarakan,” katanya.

Rencananya, pengembangan lokasi layanan IndiHome ini akan dilakukan pada 28 lokasi di Banjarmasin, 30 lokas di Palangkaraya, 69 lokasi di Tarakan dan 69 lokasi di Samarinda. Dia mengatakan Samarinda memiliki jumlah penduduk yang lebih besar sehingga persebaran titiknya juga diproyeksikan lebih besar.

Tidak menutup kemungkinan, jumlah lokasi tersebut akan bertambah sesuai dengan animo pelanggan dalam menggunakan layanan IndiHome.

“Seperti Balikpapan, kalau permintaan cukup besar, tentu akan kami perluas jangkauan layanannya,” terangnya.

Dia mengatakan pengembangan jaringan fiber optik di Kalimantan memang masih rendah apabila dibandingkan dengan Pulau Jawa. Namun, potensi pelanggan masih cukup besar yang bisa diarahkan untuk menggunakan IndiHome. Untuk wilayah Balikpapan, ada potensi sebanyak 9.416 pelanggan yang kemungkinan besar akan memanfaatkan IndiHome.

 “Itu hanya 10% dari jumlah pelanggan eksisting Telkom yang ada saat ini di Balikpapan,” katanya.

Layanan ini diyakini akan lebih tahan gangguan terhadap cuaca karena tidak menggunakan gelombang radio. Selain itu, biaya perawatan juga lebih murah dibandingkan kabel tembaga sehingga akan meningkatkan efisiensi operasional. (ltc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper