Bisnis Belanja Online Rakuten di Indonesia Tumbuh Paling Tinggi di Dunia

Thomas Mola
Selasa, 30 Juli 2013 | 22:54 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Pertumbuhan bisnis e-commerce Rakuten di Indonesia paling besar dibandingkan dengan 18 negara lain yang sudah dilayani Rakuten. Perusahaan ini menargetkan penambahan jumlah pengunjung dan penjual di toko online mereka guna memperluas pasar domestik.

Director PT Rakuten-MNC Yasunobu Hashimoto mengatakan pertumbuhan penjualan pada Juni 2012 hingga Juni 2013 mencapai 321%. Pembeli yang memesan dan melakukan pembayaran (of paid order) juga bertumbuh 133%.

“Potensi Indonesia sangat besar karena jumlah penduduk dan pertumbuhan Internet. E-commerce di Indonesia bertumbuh paling tinggi dibandingkan dengan 18 negara lain di seluruh dunia, di mana Rakuten telah hadir di Asia, Eropa, dan Amerika,” ujar Yasunobu di Jakarta, Selasa (30/7/2013).

Yasunobu mengatakan persaingan e-commerce Indonesia sangat kompetitif. Namun, semua pelaku bisnis online ini di Indonesia pada tengah berupaya memperbesar pasar. Dia memperkirakan dari total 70 juta pengguna Internet di Indonesia, hanya sekitar 3% yang dapat mengakses Internet di mana saja dan kapan saja.

Rakuten Indonesia menargetkan dapat menjaring lebih banyak penjual yang memasarkan dagangannya melalui situs mereka. Selain itu, Rakuten tengah memikirkan untuk meluncurkan aplikasi belanja di ponsel pintar dan membangun kerja sama dengan aplikasi chatting Line. 

“Aplikasi untuk ponsel pintar sudah ada di Jepang dan itu sangat mendorong penjualan. Kami juga sudah bekerja sama dengan Line di Taiwan sehingga kami memikirkan itu untuk Indonesia. Itu berarti butuh dana untuk investasi,” ujarnya. 

Yasunobu mengatakan sejauh ini produk yang paling laris di Rakuten ialah fashion, yang meraih porsi penjualan 21%,  disusul produk elektronik 18%, food and beverage (F&B) 8%, aksesori 8%, dan produk lainnya. Rakuten saat ini memiliki 450.000 item dengan 500 marchen yang tersebar di seluruh Indonesia.  

Dari bentuk pembayaran, Yasunobu mengatakan mayoritas transaksi pembelian di Rakuten menggunakan transfer bank yang berada di atas 50%, disusul kartu kredit dan cash on deliverly (COD) yang berada di bawah 10%.

“Kami akan terus berinovasi untuk menemukan cara pembayaraan yang paling baik. Kami tetap menjaga uang pelanggan sampai mereka menerima barang yang kami kirimkan. Kami baru melayani COD untuk daerah Jakarta dan Tangerang,” ujarnya.

Menyambut lebaran, Rakuten menawarkan program ramadan super sale yang memberikan diskon hingga 50%, cicilan 0% dan ongkos kirim gratis. Penawarana ini berlangsung selama 19 Juli hingga 2 Agustus 2013 untuk produk seperti fashion, perangkat elektronik, gadget, dan keperluan anak-anak.

Rakuten memperkirakan produk gadget menjadi yang paling banyak diburu karena Rakuten telah bekerja sama dengan beberapa bank yang memeberikan cicilan bunga 0%. Beberapa bank yang telah bekerja sama dengan Rakuten yakni BCA, CIMB Niaga, Permata, ANZ, Danamon dan Standard Chartered.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper