Kemenristek Bantu Penguatan 6 Badan Penelitian & Pengembangan Daerah

Rahmayulis Saleh
Sabtu, 20 Juli 2013 | 00:54 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Riset dan Teknologi menetapkan 6 Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BPPD) sebagai percontohan pengembangan Sistem Inovasi Daerah (Sida).

Keenam BPPD itu yakni BPPD Kalsel, Gorontalo, Sumut, Sumsel, Banten, Jateng.

Deputi Kelembagaan Iptek Kemenristek Mulyanto mengatakan setiap BPPD yang terpilih itu akan mendapatkan dana sebesar Rp300 juta dari APBN Kemenristek 2013 untuk peningkatan kapasitas SDM dalam membentuk sistem inovasi dan membuat roadmap daerahnya.

Pembentukan Sida diharapkan dapat memotivasi masyarakat dan lembaga setempat agar selalu berinovasi dan aktif dalam pembangunan,sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya.

“Untuk tahun pertama, tiap daerah dituntut membuat sistemnya dulu. Mereka harus bisa menyusun roadmap Sida, yang diintegrasikan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) masing-masing," kata Mulyanto usai penandatanganan kerja sama fasilitasi peningkatan kapasitas BPPD, antara Kemenristek dan keenam BPPD di Jakarta, Jumat (19/7/2013).

Dia menjelaskan BPPD yang mendapat bantuan dan pelatihan dari Kemenristek itu merupakan pemenang yang terpilih melalui seleksi ketat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper