XL AXIATA: Selama Ramadhan Trafik Diprediksi Naik 20%-30%

Martin Sihombing
Senin, 1 Juli 2013 | 14:24 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, SURABAYA-- PT XL Axiata Tbk memperkirakan trafik (bukan tarif--Ralat berita 29/6/2013) telekomunikasi selama Ramadhan 1434 Hijriah meningkat 20%-30%  karena kebutuhan yang meningkat selama bulan puasa itu.

"Estimasi kenaikan trafiknya antara 20% dan 30%  dibandingkan dengan kondisi biasa," ujar Direktur Marketing XL, Nicanor V Santiago III di Surabaya, Senin (1/7/2013).

XL telah melakukan modernisasi sejumlah jaringan di berbagai daerah untuk mengantisipasi peningkatan trafik tersebut. Upaya itu sekaligus memaksimalkan penggunaannya pada pra, saat, dan pascaramadhan.

"Saat ini trafik percakapan mencapai hingga 600 juta menit. Trafik SMS sebanyak 750 juta SMS dan trafik data sebesar 185 Terabytes," ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya telah menerapkan teknologi "MSC pool" dan "SGSN in pool" pada jaringan 3G secara nasional supaya jaringannya terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu.

"Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atas layanan akses internet dan data yang berkualitas prima, kami sediakan layanan HotRod 3G+ dengan berbagai pilihan paket sesuai kebutuhan pelanggan," paparnya.

Layanan internet tersebut dapat memberikan jaminan kualitas akses yang cepat dan stabil di 22 area di seluruh Indonesia, di antaranya di Jakarta, Medan, Bekasi, Depok, Tangerang, dan Surabaya.

Ia juga mengemukakan, pihaknya telah melayani lebih dari 49,1 juta pelanggan dengan jaringan telekomunikasi yang diperkuat lebih dari 39.819 ribu BTS baik 2G maupun 3G dan jaringan "backbone fiber optic".

"Pada Bulan Ramadhan, kami mengadakan "Ramadhan Asik Bagi-Bagi Mudik" yang menyediakan fasilitas mudik bagi 1.200 frontliners dan 100 guru yang siap pulang ke kampung halaman," katanya. (Antara/msb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Martin Sihombing
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper