Tambah Game, Telepon Pintar Lenovo Saingi Samsung

John Andhi Oktaveri
Senin, 24 Juni 2013 | 14:02 WIB
Bagikan

Lenovo Smartphone

BISNIS.COM, JAKARTA—Untuk mengimbangi penurunan angka penjualan komputer personal (PC) serta mengurangi ketergantungannya pada notebook ThinkPad, Lenovo Group Ltd. menambah layanan permainan guna menyaingi Samsung Electronics Co. di pasar telepon pintar di China.

Lenovo Game World akan dimasukkan dalam fitur jejaring sosial selain software reviews dan tips gameplay saat mulai dipasarkan pada triwulan ketiga. Game itu juga menawarkan sejumlah judul yang populer seperti Fruit Ninja untuk peralatan seperti Ideaphone K900 yang menjalankan sistem operasi Android dari Google Inc.

Peranti lunak dan layanan tersebut akan membuat CEO Lenovo,Yang Yuanqing mampu mendongkrak lebih banyak penjualan handset karena permintaan untuk PC menurun.

Meski toko aplikasi Lenovo menyimpan lebih dari 1 miliar download sejak dibuka pada 2010, perusahaan itu terus mengupayakan peningkatan pasar Game World di pasar handset. Penjualan permainan bergerak yang mencapai US$1,6 miliar tahun ini akan naik sekitar 50% per tahun untuk 3 tahun ke depan, menurut prediksi perusahaan riset Analysys International.

Tidak seperti di AS, di mana Google dan Amazon.com Inc. mendominasi penjualan aplikasi Android, China memiliki ratusan perusahaan yang menawarkan peranti lunak bergerak. Lenovo berupaya mencari pangsa pasar tersendiri seperti yang tersedia pada Game Center keluaran Apple Inc.  

“Sebuah platform bergerak untuk hiburan akan menjadi semakin penting dalam industri handset hari ini,” ujar Ricky Lai, analis pada Guotai Junan International Holdings Ltd. di Hong Kong sebagaimana dikutip Bloomberg, Senin (24/6/2013).

Menurutnya, semakin banyak penggemar Lenovo memamfaatkan platform mereka semakin banyak konsumen yang berkeinginan menggunakan handset jenis tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper