GAS RUMAH KACA: Industri Hijau Paling Mendukung Penurunan

Ismail Fahmi
Rabu, 15 Mei 2013 | 13:41 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--Industri ramah lingkungan atau industri hijau merupakan salah satu usaha mendukung program pemerintah untuk menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK).

"Komitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca membutuhkan usaha dan tindakan nyata, yang juga mencakup seluruh sektor pengemisi gas rumah kaca termasuk sektor industri," kata Kepala Badan Pengkajian Iklim dan Mutu Industri Kementerian Perindustrian Arryanto Sagala, saat memberikan sambutan pada Launching Penghargaan Industri Hijau 2013, di Jakarta, Rabu (15/5)

Arryanto mengatakan, sektor industri merupakan salah satu sektor penyumbang emisi gas rumah kaca yang berdampak buruk bagi lingkungan.

"Ada delapan sektor industri yang menyumbang emisi gas rumah kaca, antara lain semen, baja, pulp dan kertas, keramik, pupuk, petrokimia, dan tekstil," ujar Arryanto.

Menurut Arryanto, industri hijau merupakan salah satu langkah yang bisa diambil untuk menurunkan emisi gas rumah kaca tersebut, meskipun diperlukan investasi yang cukup besar.

"Investasi yang cukup besar untuk mendukung industri hijau sangat dibutuhkan, karena perlu adanya penggantian mesin produksi yang sudah tua dengan mesin yang memiliki teknologi ramah lingkungan," ujarnya.

Pemerintah, lanjutnya, menyadari perlu adanya skema insentif bagi industri yang melakukan penggantian teknologi atau melakukan modifikasi mesin dan peralatannya. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper