LAYANAN NILAI TAMBAH & KONTEN: Operator Diimbau Bekerja Sama

Febrany D. A. Putri
Senin, 15 April 2013 | 19:47 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--Tiga operator telekomunikasi, yakni XL, Telkomsel, dan Indosat diharapkan akan bekerja sama membangun layanan  nilai tambah dan konten pada tahun ini. Dua di antaranya yakni layanan mobile money dan mobile advertising.

Adapun pada saat ini, masing-masing operator memiliki layanan mobile money dan mobile advertising sendiri. Untuk layanan mobile money, ada XL Tunai, T-Cash, dan Dompetku.

Layanan tersebut merupakan dompet virtual dalam ponsel yang dapat diisi dengan uang elektronik dan digunakan untuk berbelanja di toko, pembayaran tagihan, dan pengiriman uang antarpengguna.

Direktur Utama PT XL Axiata Tbk Hasnul Suhaimi mengatakan ketiga operator telah mulai membicarakan kerja sama ini. Hasnul menambahkan, untuk layanan seperti mobile money, dengan layanan yang terintegerasi akan memudahkan masyarakat. Adapun, sasaran utama layanan mobile money operator adalah masarakat yang tidak memiliki akun bank.

"Untuk layanan tradisional seperti suara, SMS, dan data, ketiga operator boleh saja bersaing sengit. Namun, untuk layanan seperti mobile money dan advertising sebaiknya bersama. Kalau sendiri, secara perhitungan industri tidak akan jalan. Saat ini sudah masuk awal pembicaraan," ujar Hasnul hari ini, Senin (15/4/2013).

Saat ini XL Tunai memiliki pelanggan sebanyak 300.000. Sepanjang tahun ini XL menargetkan pelanggan XL Tunai perusahaan akan mencapai 2 juta. Hingga akhir tahun lalu, XL Tunai menerima lebih dari 100 transaksi per hari.

Sementara itu, T-Cash hingga akhir tahun lalu mencapai 8 juta pelanggan dan menargetkan peningkatan hingga 10 juta pelanggan pada tahun ini.

Hasnul memaparkan nantinya kerja sama mobile money tersebut akan membantu masyarakat melakukan pembayaran dan transaksi di berbagai tempat, seperti belanja di swalayan dan transportasi umum. Khusus layanan XL Tunai, nantinya, kata Hasnul, akun khusus XL Tuna akan ditiadakan dan diintegrasikan ke pulsa pelanggan. Adapun, integrasi ini mampu meningkatkan pengguna layanan.

Sementara itu, untuk layanan mobile advertising, total pelanggan ketiga operator dapat meningkatkan daya jual. Hasnul mencontohkan, untuk mobile advertising, total pelanggan ketiga operator akan mencapai hampir 200 juta. Hingga akhir tahun lalu, pelanggan XL mencapai 45,8 juta, Telkomsel 125 juta, dan Indosat 58,5 juta.

“Nantinya, jika ingin menggunakan layanan mobile advertising, pengiklan tidak lagi perlu repot memasang di operator berbeda. Cukup satu kali pemasangan, dan iklan akan didistribusikan ke pelanggan semua operator,” tutur Hasnul.

Hasnul menambahkan, pembicaraan kerja sama ketga operator ini nantinya akan dibawa ke pembahasan Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI). Jika disetujui, Hasnul menargetkan pada akhir tahun ini kerja sama sudah dapat berjalan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper