SURVEY NIELSEN: Belanja Iklan Telekomunikasi Tertinggi

Rio Sandy Pradana
Rabu, 6 Maret 2013 | 13:31 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Sektor telekomunikasi masih menjadi pengiklan terbesar di semua media pada 2012 dengan nilai lebih dari Rp4,9 triliun, meskipun belanja iklannya mengalami penurunan hingga 15% dibandingkan dengan 2011.

Managing Director Nielsen Indonesia Irawati Pratignyo mengatakan dua tahun lalu belanja iklan sektor telekomunikasi di semua media mencapai Rp5,8 triliun. Rata-rata perusahaan telekomunikasi banyak yang mengiklankan di media televisi dibandingkan dengan surat kabar.

“Porsi belanja iklan di televisi sebesar Rp3,3 triliun, sedangkan di surat kabar hanya Rp1,4 triliun. Semuanya mengalami kecenderungan menurun pada 2011, masing-masing 10% dan 25,2%,” kata Irawati saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (6/3).

Irawati memaparkan pada media televisi rata-rata penyedia layanan telekomunikasi memang menurunkan belanja iklannya. Excelcomindo XL mengalami penurunan belanja iklan hingga 36%.

Namun, masih menjadi yang terbanyak diantara provider yang lain. Nilai belanja iklannya tahun lalu sebesar Rp350 miliar. Hal serupa juga dilakukan oleh Axis dan Telkomsel Kartu As dengan persentase penurunan 38% dan 6%. Masing-masing nilainya Rp274 miliar dan Rp313 miliar.

Namun, lanjutnya, Telkomsel Simpati mengalami peningkatan hingga 14% dibandingkan dengan 2011 dengan nilai belanja tahun lalu mencapai Rp272 miliar. Adapun, Indosat M3 juga naik 8% dengan nilai Rp339 miliar atau berada di peringkat kedua setelah Excelcomindo XL. (bas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Others
Sumber : Rio Pradana
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper