PONSEL PINTAR: Android dominasi pasar global

Martin Sihombing
Minggu, 17 Februari 2013 | 21:34 WIB
Bagikan

JAKARTA--Android kembali berhasil merebut pangsa pasar sistem operasi ponsel pintar global tertinggi pada kuartal IV/2012 dengan 70,1%. Pada kuartal IV/2011, Android juga menduduki puncak penguasa pangsa pasar dengan 52,9%. Adapun sepanjang 2012, Android memiliki pangsa pasar 68,8%.

Berdasarkan data IDC, pada kuartal IV/2012, Android berhasil mengapalkan 159,8 juta sistem operasi pada ponsel pintar. Angka tersebut tumbuh 88% y-o-y jika dibandingkan dengan pengapalan pada kuartal IV/2011 sebanyak 85 juta. Tak hanya itu, sepanjang 2012, Android mengapalkan sebanyak 497,1 juta sistem operasi ponsel pintar atau meningkat lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan dengan 2011 sebanyak 243,5 juta sistem operasi.

Di posisi kedua ada iOS dengan pangsa pasar 21% pada kuartal IV/2012 dan mengapalkan sebanyak 47,8 juta sistem operasi. Adapun sepanjang 2012, iOS mengapalkan 135,9 juta sistem operasi dan meraih pangsa pasar 18,8%.

Berturut-turut, tiga posisi selanjutnya ditempati oleh BlackBerry, Windows Phone, dan Linux. Pada kuartal IV/2012, BlackBerry mencatat pengapalan sebanyak 7,4 juta dengan pangsa pasar 3,2%, sementara Windows Phone mengapalkan 6 juta sistem operasi dengan pangsa pasar 2,6%. Terakhir, Linux mengapalkan sebanyak 3,8 juta sistem operasi dengan pangsa pasar 1,7%.

"Ketersediaan ponsel pintar berbasis Android di semua lini, baik harga maupun spesifikasi membuatnya menjadi penguasa pasar. Sementara tu, peningkatan permintaan iPhone 5 dan menurunnya harga iPhone 4 dan iPhone 4S juga mendongkrak pengapalan iOS," kata Research Manager Mobile Phone Team IDC Ramon Llamas dalam siaran persnya, Minggu (17/2/2013). 

Lebih lanjut, kompetisi ketat antara Android dengan iOS secara kolektif menguasai lebih dari 50% pangsa pasar sistem operasi ponsel pintar dunia, bahkan mencapai 91,1%. Sementara itu, pada saat bersamaan, BlackBerry dan Microsoft berusaha keras merebut pangsa pasar keduanya. Microsoft telah merilis Windows Phone 8 pada kuartal IV/2012, sementara pada Januari BlackBerry merilis BlackBerry 10. Meski demikian keterlambatan BalckBerry 10 dinilai menjadi pemicu utama pangsa pasar dan pengapalan BlackBerry secara global mengenaskan.

Sementara itu, Linux yang akan meluncurkan sistem operasi ponsel pintar SailFish, Tizen, dan Ubuntu pada tahun ini diproyeksi masih akan membutuhkan waktu dan investasi lebih untuk menggaet pasar. IDC juga memprediksi pada tahun ini sistem operasi berbasis Linux tersebut akan mengalami pertumbuhan yang lambat.(msb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Martin Sihombing
Editor : Others
Sumber : Febriany D.A. Putri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper