RAKER KEMENKOMINFO: DPR Pertanyakan Pencapaian 2012

News Editor
Rabu, 30 Januari 2013 | 13:02 WIB
Bagikan

JAKARTA--Komisi I DPR RI mengelar rapat kerja dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), di Gedung DPR Rabu (30/1/2013). Salah satu agenda dalam pertemuan tersebut adalah pemaparan pencapaian Kemenkominfo sepanjang 2012.

Menkominfo Tifatul Sembiring memaparkan realisasi anggaran Kemenkominfo pada 2012 sebesar Rp2,618 triliun. Jumlah tersebut mencapai 86,58% dari total anggaran yang diterima sebesar Rp3,116 triliun.

"Itu masih lebih tinggi dibanding realisasi anggaran di kementerian lain yang rata-rata mencapai 85,6%," ujar Tiffatul.

Adapun pencapaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Kemenkominfo pada 2012 sebesar Rp11,58 triliun atau mencapai 104,3% dari target. Tifatul mengklaim Kemenkominfo telah berhasil menyumbang Rp9 triliun pada pendapatan negara.


Anggota Komisi I Heri Akhmadi mengatakan, sekilas laporan Kemenkominfo cukup baik karena anggaran yang tidak terserap hanya 13,4%. Namun menurut dia tidak dijelaskan mengapa anggaran itu tidak terserap.

Dia juga mengkritik pemaparan Tifatul terkait Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) dan Mobil PLIK yang tidak dijelaskan secara kualitatif."Yang dijelaskan hanya jumlahnya saja bukan kualitas. Padahal di lapangan banyak laporan itu tidak berfungsi," ujar dia.

Selain memaparkan pencapaian 2012, Kemenkominfo juga memaparkan target dan rencana 2013. Hingga berita ini ditulis rapat masih berlangsung. (if)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : News Editor
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Galih Kurniawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper