Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TELKOM: Incar 60% Pasar Seluler Timor Leste

DILI—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) berambisi menguasai 60% pangsa pasar telekomunikasi Timor Leste dengan meluncurkan layanan GSM dan 3G.
- Bisnis.com 17 Januari 2013  |  22:01 WIB

DILI—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) berambisi menguasai 60% pangsa pasar telekomunikasi Timor Leste dengan meluncurkan layanan GSM dan 3G.

Telin yang diwakili oleh entitasnya Timor-Leste Telekomunikasi Indonesia Internasional S.A (Telin TL) resmi meluncurkan layanan GSM dan 3G di Timor Leste dengan merek dagang Telkomcel hari ini. Pada tahap awal, perseroan menyediakan 30 Base Transifer Signal (BTS) di kawasan Dili.

Pada 12 Februari, Telkomcel akan mulai beroperasi secara komersial dan sebanyak 60% dari 5 distrik terpadat siap dilayani menggunakan 70 BTS yang tersedia.

"Kami akan sempurnakan layanannya pada 2 April 2013 dengan menyediakan 110 BTS [base transceiver station] yang menjangkau 95% area di Timor Leste." ujar Direktur Utama Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Arief Yahya di sela acara peluncuran Telkomcel hari ini, Kamis(17/1/2013).

Telin TL memperoleh 15 tahun lisensi spektrum radio untuk layanan telekomunikasi seluler pada frekuensi 900 MHz, 1800 MHz, dan 2,1 GHz band serta registrasi penyedia jasa di Timor Leste.

Dalam perkembangannya, dia menargetkan bisa menjaring pangsa pasar telekomunikasi mencapai 60% atau sekitar 600.000 pelanggan dari jumlah penduduk di Timor Leste yang tercatat sebesar 1,1 juta orang.

Menurut dia, pelayanan Telkomcel akan lebih baik dan teknologinya akan lebih baru dibandingkan competitor lain. Hal itu yang mendasari optimisme perseroan bisa meraih pangsa pasar yang besar.

"Misalnya saja kami bisa menyambung dari NTT [Nusa Tenggara Timur] tarik jaringan ke Timor Leste, competitor lain tidak punya kemewahan seperti itu," katanya.

Sebagai permulaan, perseroan telah mengantongi 20.000 calon pengguna layanan (subscribers) yang berminat menggunakan Telkomcel. (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top