TELKOM: Incar 60% Pasar Seluler Timor Leste

Kamis, 17 Januari 2013 | 22:01 WIB
Bagikan

DILI—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) berambisi menguasai 60% pangsa pasar telekomunikasi Timor Leste dengan meluncurkan layanan GSM dan 3G.

Telin yang diwakili oleh entitasnya Timor-Leste Telekomunikasi Indonesia Internasional S.A (Telin TL) resmi meluncurkan layanan GSM dan 3G di Timor Leste dengan merek dagang Telkomcel hari ini. Pada tahap awal, perseroan menyediakan 30 Base Transifer Signal (BTS) di kawasan Dili.

Pada 12 Februari, Telkomcel akan mulai beroperasi secara komersial dan sebanyak 60% dari 5 distrik terpadat siap dilayani menggunakan 70 BTS yang tersedia.

"Kami akan sempurnakan layanannya pada 2 April 2013 dengan menyediakan 110 BTS [base transceiver station] yang menjangkau 95% area di Timor Leste." ujar Direktur Utama Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Arief Yahya di sela acara peluncuran Telkomcel hari ini, Kamis(17/1/2013).

Telin TL memperoleh 15 tahun lisensi spektrum radio untuk layanan telekomunikasi seluler pada frekuensi 900 MHz, 1800 MHz, dan 2,1 GHz band serta registrasi penyedia jasa di Timor Leste.

Dalam perkembangannya, dia menargetkan bisa menjaring pangsa pasar telekomunikasi mencapai 60% atau sekitar 600.000 pelanggan dari jumlah penduduk di Timor Leste yang tercatat sebesar 1,1 juta orang.

Menurut dia, pelayanan Telkomcel akan lebih baik dan teknologinya akan lebih baru dibandingkan competitor lain. Hal itu yang mendasari optimisme perseroan bisa meraih pangsa pasar yang besar.

"Misalnya saja kami bisa menyambung dari NTT [Nusa Tenggara Timur] tarik jaringan ke Timor Leste, competitor lain tidak punya kemewahan seperti itu," katanya.

Sebagai permulaan, perseroan telah mengantongi 20.000 calon pengguna layanan (subscribers) yang berminat menggunakan Telkomcel. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis :
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper