NATAL & TAHUN BARU: Telkomsel Prediksi Alami Kenaikan Trafik 15%

JAKARTA -- Telkomsel, operator telekomunikasi berbasis GSM, memprediksi kenaikan trafik data pada Natal 2012 dan Tahun Baru 2013 sebesar 15% dibandingkan dengan hari-hari normal.
Erly Rusiawati | 20 Desember 2012 15:51 WIB

JAKARTA -- Telkomsel, operator telekomunikasi berbasis GSM, memprediksi kenaikan trafik data pada Natal 2012 dan Tahun Baru 2013 sebesar 15% dibandingkan dengan hari-hari normal.

Kenaikan trafik data diperkirakan tinggi terjadi di Jakarta, Bali, dan Batam, sebesar 30% sampai 40% dari hari normal. Kenaikan trafik ini diprediksi disumbang besar oleh data berplatform BlackBerry.

Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief mengatakan perusahaan menyiapkan lebih dari 54.000 base transceiver station (BTS) di seluruh daerah di Indonesia dalam menghadapi lonjakan trafik nanti. Sebanyak 15.000 BTS merupakan BTS 3G.

Perusahaan juga menyediakan 40 unit mobile BTS atau compact mobile base transceiver (combat) selama Natal dan Tahun Baru nanti. Jumlah itu seperlima dari total combat yang lebih dari 200 unit.

Selain itu, perusahaan menyediakan mobile genset di beberapa titik yang bisa bertahan 3 jam sampai 4 jam.

"Kami pun menyediakan hotspot Flash Zone di area publik, salah satunya di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Kami satu-satunya operator yang menyediakan hotspot di sana," kata Abdus usai pemaparan peningkatan kapasitas broadband Telkomsel, Kamis (20/12).  

Hotspot yang disediakan perusahaan saat Natal dan Tahun Baru berjumlah 323, sebanyak 55 hotspot ada di Jakarta. Hotspot ditempatkan di area publik, seperti area transportasi dan lokasi wisata. (if)

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup