KONTES ROBOT: 6 Kampus siap wakili kawasan timur

News Editor
Minggu, 20 Mei 2012 | 13:45 WIB
Bagikan

MAKASSAR: Politeknik Negeri Ujung Pandang dan sejumlah perguruan tinggi di Sulawesi lainnya lolos dalam seleksi kontes robot regional V mewakili Makassar dan kawasan timur Indonesia untuk bersaing dalam kontes robot nasional pada 28 - 30 Juni 2012 di ITB Bandung.

 

Humas PNUP Makassar Chica mengatakan PNUP Makassar akan maju untuk bersaing di tingkat nasional bersama perguruan tinggi lainnya yang lolos dari seleksi yang diikuti 22 perguruan tinggi yang tersebar di wilayah Sulawesi, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

 

"Ya, PNUP [salah satu yang] berhasil lolos dalam seleksi kontes robot," ujarnya kepada Bisnis di Makassar, Minggu, 20 Mei 2012.

 

Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2012 telah dilaksanakan selama 18 - 19 Mei di aula gedung Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar. PNUP Makassar mendapatkan penghargaan sebagai Tim Robot Desain Terbaik dan menjadi pemenang ke-2 Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat Regional V.

 

"Pertandingan di tingkat regional V ini menentukan pemenang lolos di pertarungan robot tingkat nasional. Pemenang juara 1,2 dan 3 dalam kategori KRI dan KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia) berhak mendapatkan tiket perlombaan ke ITB," ucapnya.

 

Selain itu, peserta dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar juga berhasil lolos dalam ujian seleksi tingkat regional itu.

 

Unhas berhasil menduduki posisi ke-3 pemenang Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) bersama kontestan dari STMIK Tarakanita, Tarakan (juara ke-1) dan Universitas Tadulako, Palu (juara ke-2)

 

Sementara itu, peserta yang mendapatkan penghargaan dalam kontes robot tingkat regional V itu diantaranya Poltek Banjarmasin, Universitas Nusa Cendana (NTT) dan STMIK-STIKOM Bali.

 

Sejumlah pemenang kategori KRI dan KRCI ini akan bertanding di tingkat nasional memperebutkan posisi mewakili Indonesia untuk berlaga di ABU Asia Pacific Robot Contest 2012 di Hong Kong pada 19 Agustus mendatang.

 

Sebanyak 22 Perguruan Tinggi yang berasal dari wilayah Sulawesi, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua bersaing dalam kontes robot regional V di Makassar pada 18 - 19 Mei 2012.

 

Ketua Dewan Juri Kontes Robot Regional V, Wahidin Wahab dalam acara itu menjelaskan, Kontes Robot Indonesia (KRI) 2012 dikuti sebanyak 10 tim yang akan menyiapkan tiga unit robot diantaranya robot otomatis, robot manual dan robot kolektor.

 

Ketiga robot milik peserta harus mampu bekerjasama memasukkan bola ke dalam keranjang dengan melewati beberapa rintangan.

 

"Penilaian menjadi titik berat dari kontes ini. Gerakan-gerakan mekanis robot mulai dari cara memanjat, mengambil dan kemampuan lainnya akan kami nilai," paparnya.

 

12 tim

Adapun peserta Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2012 tercatat sebanyak 12 tim mengikuti kontes robot berkaki dan 22 tim mengikuti kontes robot beroda.

 

Robot berkaki dan beroda ini akan mengutamakan kemampuan robot melakukan manuver, navigasi, kecepatan menyelesaikan misi, mencari titik api dan kembali ke posisi awal.

 

"Robot yang berhasil menemukan dan memadamkan titik api itulah yang akan dinyatakan sebagai pemenang," ungkapnya.

 

Sementara robot cerdas yang masuk kategori Devisi Humanoid League (bermain bola lapang) hanya diikuti empat peserta dengan setiap tim yang terdiri dari satu robot penjaga gawang dan satu robot penggiring bola.

 

Robot yang bertanding harus mampu mencari, membawa dan menendang bola ke gawang lawan. Tim yang paling banyak memasukkan bola ke gawang dinyatakan sebagai pemenang.

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebelumnya telah menunjuk kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) sebagai tempat penyelenggaraan kontes robot Indonesia (KRI) dan kontes robot cerdas Indonesia (KRCI) 2012. (k15/Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : News Editor
Sumber : Hendra Nick Arthur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper