KOMPUTASI AWAN: XL luncurkan XCloud

News Editor
Kamis, 10 Mei 2012 | 11:14 WIB
Bagikan

JAKARTA: Perusahaan telekomunikasi PT XL Axiata Tbk masuki bisnis baru layanan komputasi awan dengan meluncurkan layanan XCloud. Layanan ini muncul di tengah meningkatnya permintaan akan  layanan data.

Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengatakan perusahaan berencana menjadi penyedia jasa solusi komputasi awan terdepan di Indonesia. Terjun di bisnis ini, XL telah menggandeng enam mitra. Mereka adalah Huawei, Fujitsu, IBM, Intratech, Mandawani, dan Micfosoft.

"Meski saat ini sudah cukup banyak para pelaku bisnis komputasi awan, XL siap terjun ke bisnis ini dengan membawa suatu visi yang berbeda," tuturnya saat peluncuran XCloud.

Solusi yang ditawarkan XCloud berfokus pada area public infrastructure as a services (IaaS), lewat layanan hosting, penyimpanan data, dan server melalui jaringan publik Internet. Selain itu, perusahaan menyediakan layanan software as a services (SaaS) bagi produk Microsoft Office 365, produk baru dari Microsoft.

"Layanan ini memungkinkan model bisnis baru. Data pun aman dan bisa diakses di mana saja," ujar Hasnul.

Perusahaan pun siap menyediakan layanan penyimpanan di data center yang berlokasi di Singapura. Hasnul memperkirakan pada 2020 semua perangkat teknologi dan komunikasi saling terhubung. Di saat itu bekerja dari rumah merupakan kegiatan yang biasa.

"Saya sedang memikirkan agar para karyawan XL pada tahun depan bisa bekerja dari rumah sehari dalam sepekan. Asalkan, kita bisa saling berkomunikasi dan bisa diawasi," katanya. (02/arh) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : News Editor
Sumber : JIBI
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper