INDOSAT & XL siapkan mobile cloud

Erly Rusiawati
Minggu, 25 Maret 2012 | 21:53 WIB
Bagikan

JAKARTA: Operator telekomunikasi Indosat bakal meluncurkan solusi mobile personal cloud pada kuartal II tahun ini.

 

Lewat solusi itu, pelanggan dapat mengakses jejaring sosial, beragam aplikasi, mengakses e-mail, hingga mengunduh foto dalam ponsel pintar berbasis awan.

 

“Kami melihat tahun ini merupakan tahun pelanggan mulai sadar untuk back-up data pribadi. Hal itu bisa dilakukan lewat mobile cloud. Solusi ini sudah menjadi kebutuhan pelanggan,” tutur Group Head Product Development & Management Indosat Sumantri Joko Yuwono akhir pekan lalu.

 

Keuntungan lain lewat mobile personal cloud, data pelanggan terjamin keamanannya karena tidak akan akan digerogoti virus. Pelanggan pun bisa mengakses datanya di mana saja dan kapan saja.

 

Saat ini, menurut Sumantri, perusahaan masih tengah menguji coba mobile personal cloud ini.

 

Hingga Desember 2011 Indosat memiliki 51,7 juta pengguna SIM card. Dari jumlah itu, 60% merupakan pelanggan layanan data.

 

Pendapatan data tumbuh terus, meninggalkan suara dan SMS yang datar-datar saja. Kondisi ini berbeda dari tahun lalu ketika pendapatan dari suara paling besar dibandingkan SMS dan data.

 

“Perangkat merupakan kendaraan kami untuk meningkatkan data dengan andalan kami social networking, salah satunya Facebook. Data akan ditunjang dengan pembangunan base transceiver station 3G yang lebih banyak lagi di tahun ini,” ujar Sumantri.

 

Tak hanya Indosat, operator telekomunikasi XL Axiata pun tengah mempersiapkan mobile cloud, salah satu layanan yang tengah dikembangkan XL.

 

Awal Maret lalu PT XL Axiata Tbk menandatangani perjanjian kerjasama pengembangan layanan komputasi awan dengan Fujitsu, Huawei, IBM, Intratech, Mandawani, dan Microsoft. Layanan ini akan diluncurkan bulan depan.

 

“Mobile cloud artinya layanan awan yang diakses lewat perangkat mobile. Ke depan kami akan menghasilkan banyak aplikasi berbasis awan dalam mobile cloud ini,” papar Direktur Teknologi, Content & New Business XL Dian Siswarini saat dihubungi Bisnis, Minggu 25 Maret  hari ini.

 

Menurut dia, karena baru diterapkan tahun ini, layanan komputasi awan berguna untuk memicu pelanggan lebih banyak lagi menggunakan layanan data, terutama lewat ponsel. Ini artinya meningkatkan trafik data perusahaan.

 

Pada tahun depan, mobile cloud ditingkatkan kegunaannya agar dapat meningkatkan jumlah pelanggan layanan data dan menumbuhkan pendapatan dari layanan data.

 

“Target tahun ini kami hanya bantu membangun ekosistem yang kuat bagi penggunaan komputasi awan di Indonesia. Paling tidak memperkenalkan layanan ini ke corporate customer XL,” ujar Dian.

 

Sembari menyasar kalangan korporat, perusahaan tengah membentuk ekosistem layanan data berbasis awan. Dian mengatakan, meminjam prediksi analis, butuh 1-2 tahun lagi agar ekosistem itu terbentuk. “Karena itu kami masih kesulitan bicara target pendapatan dari solusi ini,” katanya.

 

Hingga Maret 2012, pelanggan layanan data XL mencapai 60% atau 27 juta pelanggan dari total pelanggan 45 juta. (ea)

 

>> BACA JUGA:

* Pebalap RIO HARYANTO berjaya di SIRKUIT SEPANG

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Erly Rusiawati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper