Pengguna smartphone di Indonesia diprediksi naik 29%

News Editor
Selasa, 15 November 2011 | 19:33 WIB
Bagikan

 

JAKARTA: Nielsen memprediksi pada pertengahan 2012 pengguna smartphone di Indonesia melonjak 29% dibandingkan pertengahan 2011. 
 
Data semester I/2011 menunjukkan pengguna smartphone hanya 38%, berada di bawah posisi pengguna ponsel non-smartphone yang mencapai 40%. Sisanya, sebanyak 13% konsumen feature phone dan 9% tidak memiliki ponsel. 
 
"Lebih dari sepertiga konsumen digital memiliki smartphone dan diperkirakan mencapai 67% pada pertengahan 2012," kata Director of Telecom Practice Nielsen Indonesia Viraj Juthani di Jakarta hari ini. 
 
Survei itu dilakukan di 12 kota di Indonesia, yakni di Jakarta, Bodetabek, Bandung, Surabaya, Gerbang Kertasila, dan Yogyakarta. Kota lainnya, Sleman Bantul, Semarang, Medan, Palembang, Makassar, dan Denpasar. 
 
Sampel yang berjumlah 2.400 dari 12 kota itu merupakan konsumen digital berusia 15 tahun ke atas dan menggunakan Internet dalam empat minggu terakhir saat disurvei.
 
Dari sisi merek, survei Nielsen mengungkapkan Nokia merupakan merek smartphone dengan penetrasi terbesar yakni 41%. Selanjutnya diikuti Blackberry 21%, Samsung 9%, Nexian 7%, dan Sony Ericsson 7%. Cross hanya 5%, Apple 2%, LG 2%, serta Motorola, Dopod, dan HTC masing-masing 1%.
 
"Nokia memiliki penetrasi tertinggi di antara pemilik smartphone, diikuti Blackberry. Nokia diharapkan untuk mempertahankan kepemimpinan pada tahun depan," tutur Viraj. (sut)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Gloria Natalia
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper