Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengguna smartphone di Indonesia diprediksi naik 29%

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 15 November 2011  |  19:33 WIB

 

JAKARTA: Nielsen memprediksi pada pertengahan 2012 pengguna smartphone di Indonesia melonjak 29% dibandingkan pertengahan 2011. 
 
Data semester I/2011 menunjukkan pengguna smartphone hanya 38%, berada di bawah posisi pengguna ponsel non-smartphone yang mencapai 40%. Sisanya, sebanyak 13% konsumen feature phone dan 9% tidak memiliki ponsel. 
 
"Lebih dari sepertiga konsumen digital memiliki smartphone dan diperkirakan mencapai 67% pada pertengahan 2012," kata Director of Telecom Practice Nielsen Indonesia Viraj Juthani di Jakarta hari ini. 
 
Survei itu dilakukan di 12 kota di Indonesia, yakni di Jakarta, Bodetabek, Bandung, Surabaya, Gerbang Kertasila, dan Yogyakarta. Kota lainnya, Sleman Bantul, Semarang, Medan, Palembang, Makassar, dan Denpasar. 
 
Sampel yang berjumlah 2.400 dari 12 kota itu merupakan konsumen digital berusia 15 tahun ke atas dan menggunakan Internet dalam empat minggu terakhir saat disurvei.
 
Dari sisi merek, survei Nielsen mengungkapkan Nokia merupakan merek smartphone dengan penetrasi terbesar yakni 41%. Selanjutnya diikuti Blackberry 21%, Samsung 9%, Nexian 7%, dan Sony Ericsson 7%. Cross hanya 5%, Apple 2%, LG 2%, serta Motorola, Dopod, dan HTC masing-masing 1%.
 
"Nokia memiliki penetrasi tertinggi di antara pemilik smartphone, diikuti Blackberry. Nokia diharapkan untuk mempertahankan kepemimpinan pada tahun depan," tutur Viraj. (sut)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Gloria Natalia

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top