CEO TikTok China Mengundurkan Diri, Fokus Kembangkan CapCut dan AI

Crysania Suhartanto
Kamis, 8 Februari 2024 | 08:51 WIB
Warga mengakses aplikasi Tiktok di Jakarta, Rabu (13/12/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Warga mengakses aplikasi Tiktok di Jakarta, Rabu (13/12/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - CEO Douyin alias TikTok versi China Kelly Zhang telah mengundurkan diri karena ingin fokus pada pengembangan aplikasi penyuntingan video CapCut dan kecerdasan buatan (AI).

Dikutip dari South China Morning Post, aplikasi CapCut yang juga berada di bawah naungan induk TikTok, ByteDance akan menerapkan AI dalam pembuatan konten-kontennya. 

CEO ByteDance Liang Rubo mengatakan AI akan mengganggu pembuatan konten secara signifikan, sehingga CapCut harus cepat memanfaatkan momen ini. “Kami berharap untuk secara aktif mengeksplorasi, memahami sepenuhnya, dan memanfaatkan peluang ini,” ujar Liang dalam surat internal, dikutip dari SCMP.

Kemudian untuk AI, Kelly bertanggung jawab mengeksplorasi peluang baru AI generatif di ByteDance. Namun, pengembangan itu masih dirasa kurang oleh Liang Rubo. 

Pada suatu pertemuan, Liang sempat mencaci karyawannya karena tidak cukup sensitif dan memiliki kepekaan pada krisis. Liang mengatakan, salah satu prioritas ByteDance di 2024 adalah selalu menjadi yang pertama. 

Diketahui, sistem rekomendasi konten ByteDance memang telah lama dianggap di industri sebagai rahasia di balik kesuksesan global TikTok dan kesuksesan penggunaan AI.

Namun, perusahaan tersebut baru meluncurkan chatbot Doubao dan Cici AI hingga paruh kedua tahun 2023, setelah Baidu dan Alibaba Group Holding telah lebih dulu meluncurkan layanan saingannya pada awal tahun itu.

Adapun baru-baru ini, ByteDance memperkenalkan Coze, sebuah AI generatif yang mirip Chat GPT, yang memungkinkan pengguna menyesuaikan chatbotnya untuk tugas tertentu.

Lebih lanjut, Liang masih belum memberitahukan sosok yang akan mengisi peran CEO Douyin yang kosong sejak Desember 2020 ini. 

Dikutip dari Yahoo, Zhang sebelumnya memang bertanggung jawab atas produk dan operasi ByteDance di dalam negeri, termasuk Douyin dan agregator berita Toutiao.

Alhasil, kepala bisnis Douyin Han Shangyou dan eksekutif yang bertanggung jawab atas Jinri Toutiao dan situs literatur online Tomato Novel Zhang Chaol akan melapor langsung kepada Zhang Lidong, ketua bisnis daratan ByteDance.

Diketahui, Kelly merupakan seorang perempuan kelahiran 1980-an, yang masuk ke ByteDance sejak 2014 dan menjadi CEO Douyin sejak Maret 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Ibad Durrohman
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper