Google Perkenalkan AI Bernama VideoPoet, Bisa Buat Video dari Teks secara Otomatis

Restu Wahyuning Asih
Kamis, 4 Januari 2024 | 16:16 WIB
VideoPoet dari Google/Google
VideoPoet dari Google/Google
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan teknologi di bidang artificial intelligence (AI) terus meningkat dengan pesat.

Setelah Gemini, Goolge mulai perkenalkan produk AI baru bernama VideoPoet. AI ini mampu mengubah teks menjadi produk video secara otomatis.

Goole menjelaskan bahwa VideoPoet merupakan metode sederhana yang bisa mengubah model bahasa autoregresif atau model bahasa besar (large language model/LLM) menjadi gerator video berkualitas tinggi.

Cara kerja mesin ini yakni sama seperti ChatGPT atau Bing Image Creator, yang bisa membuat gambar dari perintah berbasis teks. Namun bedanya hanya output VideoPoet yang berbentuk gambar bergerak.

Pengguna pun bisa menggunakan VideoPoet ini dengan cara memberikan perintah dengan teks misalnya, "anjing mendengarkan musik dengan headphone, kucing memakan spaghetti, panda bermain kartu, dan lain-lain.

Kemudian VideoPoet akan memberikan hasil olahan video sesuai dengan apa yang sudah diperintahkan melalui teks.

Tak hanya perintah itu, mesin ini juga bisa digunakan untk mengedit video yang sudah ada. Misalnya untuk memotong bagian tertentu di video, dan mengisi potongannya dengan video lain.

"Resep sederhana ini menunjukkan bahwa model bahasa dapat mensintesis dan mengedit video dengan konsistensi temporal tingkat tinggi. VideoPoet mendemonstrasikan generasi video yang canggih, khususnya dalam menghasilkan berbagai macam gerakan yang besar, menarik, dan dengan ketelitian tinggi. Model VideoPoet mendukung pembuatan video dalam orientasi persegi, atau potret untuk menyesuaikan generasi menuju konten berdurasi pendek, serta mendukung pembuatan audio dari input video," tulis Google dikutip dari keterangan resminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper