Startup Aruna Gandeng 40.000 Nelayan, Buka 5.000 Pekerjaan Baru

Hafiyyan
Kamis, 1 Juni 2023 | 00:36 WIB
Aruna telah berkolaborasi dengan 40.000 nelayan dan membuka 5.000 lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat pesisir di Indonesia. /Dok. Pemprov Jateng
Aruna telah berkolaborasi dengan 40.000 nelayan dan membuka 5.000 lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat pesisir di Indonesia. /Dok. Pemprov Jateng
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Startup ekosistem perikanan Aruna telah berkolaborasi dengan 40.000 nelayan dan membuka 5.000 lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat pesisir di Indonesia.
Utari Octavianty, Co-Founder & Chief Sustainability Office Aruna, menyampaikan kontribusi sosial atas keberadaan Aruna yang dapat dirasakan langsung khususnya oleh masyarakat pesisir yakni meningkatnya pendapatan mereka sebanyak minimal 3 kali lipat.
"Dengan merangkul lebih dari 40.000 nelayan Indonesia yang telah menjadi bagian dari Nelayan Aruna dan tersebar di 31 provinsi di wilayah Indonesia, Aruna telah berkontribusi positif untuk sektor perikanan dan kelautan Indonesia," jelasnya dalam siaran pers, Rabu (31/5/2023).
Selain itu, Aruna juga telah menciptakan lebih dari 5.000 lapangan pekerjaan di sekitar wilayah operasional bisnis yang diperuntukkan bagi masyarakat pesisir, serta telah memberdayakan 1.500 perempuan di wilayah tersebut.
Ke depannya, Aruna akan melakukan ekspansi yang lebih luas lagi berupa menambah varian komoditas produk perikanan baru dan membuka market ke negara baru untuk meningkatkan ekspor produk perikanan Indonesia. 
Aruna berperan sebagai integrated fisheries commerce dan supply chain aggregator yang memanfaatkan teknologi untuk merevolusi industri perikanan di tanah air, serta menghubungkan langsung nelayan lokal dengan pasar domestik dan global. 
“Kami ingin membenahi mekanisme lapangan yang terlalu panjang dan yang cenderung merugikan nelayan-nelayan kecil. Rantai pasok di sektor ini juga harus diperhatikan hulu-hilir nya agar keberlangsungan kehidupan di bawah laut dapat terjaga," imbuhnya.
Pada tahun ini, Aruna menyesuaikan internal bisnis dengan kebijakan-kebijakan ekonomi biru dan perikanan berkelanjutan yang dicanangkan oleh pemerintah. Dalam waktu jangka pendek, target keberlanjutan Aruna akan mencakup sustainably sourced seafood, empowering stakeholders, dan advocating for sustainability.
Bentuk lain kontribusi Aruna pada perikanan berkelanjutan yaitu Aruna Fisheries Improvement Project yang bertujuan untuk mengakselerasi target mendapatkan sertifikasi ekolabel dari Marine Stewardship Council (MSC) yang merupakan salah satu sertifikat bergengsi skala internasional untuk kualitas produk perikanan. 
Di samping itu, Aruna juga telah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang tidak merusak lingkungan dan kawasan pesisir guna menjaga ketersediaan dan keberlanjutan komoditas laut untuk generasi mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper