Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasca Gempa Cianjur, Google Trends Catat Penelusuran "Gempa" Naik 1.300 Persen

Google Trends merupakan alat untuk memahami tren pencarian dengan menunjukkan seberapa sering istilah tertentu dicari di situs Google.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 25 November 2022  |  16:50 WIB
Pasca Gempa Cianjur, Google Trends Catat Penelusuran  "Gempa"  Naik 1.300 Persen
Warga mengevakuasi barang dari puing bangunan terdampak gempa bumi di Rancagoong, Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat 125 kali gempa susulan di wilayah Kabupaten Cianjur, hingga pukul 08.00 WIB, Selasa (22/11). Kekuatan gempa susulan itu bervariasi dari yang terbesar bermagnitudo 4,2 hingga 1,5. Warga diimbau untuk mewaspadai gempa bumi susulan. Bisnis - Rachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google Trends mencatat adanya peningkatan pencarian penelusuran terkait kata "gempa" sebesar 1.300 persen di seluruh dunia pada 22 November 2022. Kenaikan itu terjadi pasca adanya gempa di Cianjur, Jawa Barat.

Dalam laporannya, Google mengatakan saat ini Indonesia berada dalam masa berkabung setelah gempa di Cianjur dan sekitarnya pada 21 November 2022 yang juga memakan ratusan korban jiwa.

"Gempa mengalami peningkatan pencarian sebanyak 1.300 persen di seluruh dunia pada 22 November 2022," demikian tulis Google dalam keterangannya, Jumat (25/11/2022).

Adapun Google Trends merupakan alat (tools) untuk memahami tren pencarian dengan menunjukkan seberapa sering istilah tertentu dicari relatif terhadap total volume pencarian di situs Google selama periode waktu tertentu.

Selama periode 21-24 November 2022, Google mencatat minat penelusuran tentang gempa menurut kota antara lain kata "Cianjur", "Karang Tengah", "Cisarua", dan "Sukaluyu".

Pencarian baru yang juga mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa hari terakhir di Indonesia mencakup "korban gempa Cianjur dan penyebab gempa Cianjur", "apakah ada gempa susulan di Cianjur", "info tsunami hari ini", dan "RSUD Sayang Cianjur alamat".

"Kata 'open donasi gempa Cianjur' juga tercatat sebagai pencarian baru yang mengalami peningkatan signifikan pada 22 November 2022 di seluruh dunia," tambah Google.

Lebih lanjut Google juga memerinci pertanyaan teratas tentang bencana alam pada 22 November 2022 di Indonesia antara lain "daerah mana saja yang terkena gempa di Cianjur", "gempa yang terjadi hari ini dimana", "Cianjur di mana", "di mana pusat gempa hari ini", dan "apakah ada gempa susulan hari ini".

Selain itu, Google mencatat pencarian teratas terkait Cianjur pada 22 November 2022 di seluruh dunia yaitu "gempa Cianjur", "pray for Cianjur", "korban gempa Cianjur", dan "penyebab gempa Cianjur".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa gempa bumi Gempa Cianjur
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top