Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv
Pengelola perusahaan rintisan digital atau startup mengoperasikan program pelayanan di sebuah kantor bersama berbasis jaringan internet (Coworking space) Ngalup.Co di Malang, Jawa Timur, Senin (12/10/2020).  - ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto. Berubahnya Misi Startup, Tak Lagi Kejar Status Unicorn
Lihat Foto
Premium

Berubahnya Misi Startup, Tak Lagi Kejar Status Unicorn

Pelaku usaha di industri startup global tampak mulai mengubah haluannya. Mereka tak lagi terlalu berhasrat mendongkrak valuasinya demi mencapai status unicorn.
Yustinus Andri & Khadijah Shahnaz
Yustinus Andri & Khadijah Shahnaz - Bisnis.com
24 Oktober 2022 | 19:32 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Fenomena tech winter telah mengubah lanskap dan arah bisnis para perusahaan rintisan (startup) di berbagai belahan dunia. Tujuan untuk mendapatkan status unicorn kini dinilai bukan menjadi misi utama.

Adapun, bukti terjadinya fase startup winter tampak dari data terbaru yang dihimpun oleh CB Insight baru-baru ini.

Pendanaan startup pada kuartal III/2022 mengalami penurunan 34 persen secara kuartalan atau merupakan yang terbesar dalam satu dekade terakhir. CB Insights dalam laporannya yang dikutip pada Senin (24/10/2022), menuliskan total pendanaan startup global hanya US$108,5 miliar atau senilai Rp1.159 triliun pada kuartal III/2022.

Realisasi pendanaan tersebut menjadi yang terendah dalam 9 kuartal terakhir  Adapun, pendanaan pada kuartal III/2022 ini juga turun 58 persen dari puncak realisasi pendanaan pada kuartal IV/2021. Penurunan pendanaan ini pun bersamaan dengan adanya tech winter yang sedang melanda beberapa perusahaan teknologi dan startup di dunia.

Pada periode yang sama pendanaan untuk mega round juga tercatat mengalami penurunan menjadi US$29,6 miliar (Rp460 triliun) atau turun 44 persen secara q to q. Pendanaan mega round pada kuartal III/2022 ini pun menjadi yang terendah dalam 9 kuartal, yaitu hanya ada 144 pendanaan megaround secara global.

Adapun sepanjang Juli-September 2022 hanya ada 25 unicorn baru yang lahair secara global dan merupakan jumlah terendah sejak kuartal I/2020.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana
Berlangganan Sekarang
back to top To top