Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah Solusi Bagi Perusahaan untuk Ukur Kepatuhan Hukum

Untuk memastikan kepatuhan hukum di sebuah perusahaan maka solusi Regulatory Compliance System (RCS) dapat dipertimbangkan perusahaan
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 15 September 2022  |  09:16 WIB
Inilah Solusi Bagi Perusahaan untuk Ukur Kepatuhan Hukum
Foto: Platform Regulatory Compliance System
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Aspek kepatuhan hukum sangat penting bagi perusahaan agar operasional dan bisnis berjalan lancar. Memastikan kepatuhan hukum membantu perusahaan terhindar dari berbagai resiko sekaligus membangun citra positif.

Sayangnya, tidak semua perusahaan memiliki kemampuan berkala mengecek status kepatuhan hukum. Tambah lagi, terdapat banyak jenis aturan yang kadang tumpang tindih.

Untuk memastikan kepatuhan hukum, solusi Regulatory Compliance System (RCS) dapat dipertimbangkan perusahaan.  RCS dikembangkan Hukumonline sejak 2019 dengan memanfaatkan teknologi Kecerdasan Buatan (AI) untuk memantau kepatuhan perusahaan terhadap peraturan yang berlaku.

Saat ini, layanan RCS tersedia berbasis web dengan tampilan detail dan fitur komprehensif. Solusi RCS dikembangkan oleh Hukumonline dengan tujuan memudahkan perusahaan untuk mengukur tingkat kepatuhan hukum perusahaan terhadap peraturan perundang-undangan.

Pemantauan kepatuhan hukum perusahaan yang kompleks tidak hanya dilaksanakan oleh divisi legal atau compliance saja, melainkan juga melibatkan divisi dan tim lapangan terkait. Dinamisnya perubahan regulasi juga seringkali menjadi tantangan untuk tercapainya kepatuhan hukum perusahaan.

Dengan menggunakan RCS, seluruh aktivitas terkait kepatuhan hukum, mulai dari identifikasi kewajiban hukum berdasarkan regulasi terkini, pelaksanaan pemenuhan kewajiban, hingga pengunduhan laporan pemenuhan kewajiban, dapat dilaksanakan dalam satu platform terintegrasi.

Platform RCS ini juga dilengkapi dengan dua konten penting. Pertama, peraturan perundang-undangan tingkat pusat yang telah disesuaikan dengan bidang industri perusahaan, termasuk ekstraksi kewajiban hukum dari peraturan perundang-undangan tersebut.

Kedua, peraturan daerah yang telah disesuaikan dengan wilayah operasi bisnis perusahaan, termasuk ekstraksi kewajiban hukum dari peraturan daerah tersebut.

Fitur utama dari RCS adalah RCS dapat mengekstraksi setiap sanksi dan obligasi yang timbul berdasarkan peraturan tersebut, di mana proses ekstraksi memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) secara real-time.

Dengan dua konten utama yang ditawarkan RCS, mempermudah pelaku usaha dalam memantau dan mengekstraksi kewajiban hukum secara manual. Seluruh daftar kewajiban hukum dapat diakses, diserahkan kepada PIC terkait, dan dilaporkan dalam satu platform terintegrasi.

Dengan kredibilitas Hukumonline lebih dari 20 tahun sebagai penyedia layanan hukum dan pusat data hukum terdepan di Indonesia, saat ini RCS telah dipercayakan oleh berbagai korporasi seperti PT Vale Indonesia Tbk., PT Pertamina Geothermal Energy, PT Pamapersada Nusantara (Pama), dan perusahaan besar lainnya sebagai platform pemantauan kepatuhan hukum andalan perusahaan.

RCS hadir sebagai upaya Hukumonline dalam menunjang kinerja, mempermudah, dan meningkatkan kenyamanan perusahaan dalam mencapai kepatuhan hukum. Saatnya maksimalkan kepatuhan hukum perusahaan Anda bersama Regulatory Compliance System, kunjungi bit.ly/RCS-BisnisIndo dan ajukan demo secara gratis dengan menghubungi bit.ly/WA-RCSBisnisIndo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vale indonesia tbk pamapersada nusantara pertamina teknologi
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top