Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lazada Dukung Pertumbuhan Ekonomi UMKM Melalui Program AKAR Digital Indonesia

Lazada dorong pelaku UMKM daerah untuk manfaatkan kemajuan teknologi digital melalui program AKAR Digital Indonesia.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 19 Juni 2022  |  12:44 WIB
Program naik kelas dari Lazada untuk membantu pelaku UMKM di daerah - Lazada
Program naik kelas dari Lazada untuk membantu pelaku UMKM di daerah - Lazada

Bisnis.com, SOLO - Melalui program Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia, Lazada dorong UMKM untuk manfaatkan kemajuan teknologi digital.

Program ini dilaksanakan di Jawa Tengah, dengan tujuan memberdayakan seluruh pihak terkait dalam ekosistem Lazada yang ada di daerah.

“Sektor usaha di Jawa Tengah memang didominasi pelaku UMKM. Dengan jumlah lebih dari 4 juta UMKM di Jawa Tengah, merekalah yang menjadi fondasi utama pertumbuhan perekonomian daerah," ucap Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah Dra. Ema Rachmawati.

Sayangnya, berdasarkan data BPS Tahun 2020, dari 26,7 juta pengguna internet di Jawa Tengah, baru 5,87 persen yang menggunakan internet untuk berbisnis, dan dari 5,87 persen tersebut, hanya 21,18 persen yang menggunakan eCommerce sebagai media penjualan.

"Ini menggambarkan bahwa transformasi digital di kalangan Usaha Mikro Kecil masih sangat rendah. Oleh karena itu, kami menyambut baik inisiatif dari Lazada untuk bisa membantu memberdayakan UMKM yang ada di Jawa Tengah agar mereka tidak hanya tetap relevan dengan era transformasi digital saat ini, namun juga bisa kompetitif dalam membangun usahanya dan terus berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian Jawa Tengah," lanjutnya.

Miliki potensi yang baik, program pelatihan penjual UMKM yang rutin digelar melalui Lazada University, baik secara online maupun offline, bisa diakses oleh semua penjual yang bergabung di Lazada.

Belum lama ini, Lazada juga baru menyelenggarakan kelas pelatihan yang terbuka untuk seluruh pelaku UMKM di Jawa Tengah.

Mengambil tema “Naik KeLaz – Tips Berjualan Online”, pelatihan berlangsung di salah satu hotel di Semarang pada 10 Juni 2022 lalu. Pelatihan ini difasilitasi oleh tim Lazada bersama dengan pembicara ahli dan dihadiri oleh puluhan pelaku UMKM di Jawa Tengah.

"Gerakan AKAR Digital untuk Jawa Tengah membawahi semua program pengembangan dan pemberdayaan di ekosistem ekonomi digital Lazada. Selain berfokus pada peningkatan daya saing UMKM, melalui gerakan ini kami juga akan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan literasi eCommerce, serta mengembangkan infrastruktur ekonomi digital, khususnya dalam sistem logistik,” ujar Executive Director Lazada Indonesia, Ferry Kusnowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm jawa tengah lazada ecommerce
Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top