Anda Sering Tidur Dekat HP? Setop Sekarang Juga! Ini Bahayanya

Rahmi Yati
Sabtu, 19 Februari 2022 | 13:07 WIB
Ilustrasi wanita tidur nyenyak/Freepik
Ilustrasi wanita tidur nyenyak/Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di era digital saat ini, keberadaan ponsel pintar bukan saja sebagai media komunikasi, namun lebih dari itu. Saking pentingnya, tidak sedikit orang yang tetap menaruhnya di dekat kepala saat dalam keadaan tidur.

Dikutip dari akun instagram @Kemenkominfo, Sabtu (19/2/2022), dikatakan bahwa menaruh ponsel di dekat kepala saat tidur bisa beresiko buruk bagi kesehatan. Disarankan lebih baik meletakkannya di atas meja yang jaraknya agak jauh demi waktu tidur yang berkualitas.

Adapun dalam postingannya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membeberkan sejumlah dampak buruk meletakkan ponsel dekat dengan kepala pada saat tidur.

Pertama dapat menyebabkan insomnia. Menurut Journal of Psychiatric Research, radiasi cahaya biru dari ponsel bisa memancarkan sinar yang mirip dengan cahaya matahari, sehingga tubuh mengira hari masih siang.

Kedua merusak konsentrasi. Ponsel apapun pasti mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang membuat aliran darah tidak maksimal. Akibatnya tiap pagi orang akan mudah gagal fokus dan kurang konsentrasi.

Ketiga mudah lelah di pagi hari. Kalau sebelum tidur seseorang terbiasa memainkan ponselnya hingga larut malam, biasanya yang bersangkutan akan mudah merasa lelah dan pusing di pagi hari.

Dengan begitu, Kemenkominfo menyarankan untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, sebelum tidur baiknya jangan memainkan ponsel, meletakkan ponsel minimal satu meter dari tempat tidur, mengaktifkan mode pesawat atau sekalian matikan ponsel, dan terakhir usahakan jangan mengisi daya ponsel di dekat tempat tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper