Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. - tlt.co.id
Lihat Foto
Premium

Menilik Kinerja B2B Telkom (TLKM) yang akan Dirombak Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir bakal merombak portofolio bisnis Telkom Indonesia untuk fokus pada segmen B2B.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com
29 November 2021 | 19:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia Tbk. memiliki sejumlah layanan yang berhubungan dengan korporasi kendati belum dikembangkan secara optimal. Alhasil, emiten berkode TLKM ini masih bergantung dengan layanan internet bergerak dari Telkomsel.

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), anak usaha dari Telkom, merupakan perusahaan telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia yang memiliki 173,5 juta pelanggan. Basis pelanggan yang besar dengan aktivitas digital yang masif, menjadi salah satu pendorong pendapatan Telkomsel pada kuartal III/2021 yang mencapai Rp65 triliun.

Dari sisi kepemilikan, sebesar 65 persen saham Telkomsel dimiliki oleh Telkom dan 35 persen sisanya dimiliki oleh Singapura Telecommunications. Merujuk laporan info memo Telkom, kontribusi pendapatan dari layanan internet bergerak milik Telkomsel mendominasi porsi pendapatan di Telkom.

Selama 5 tahun terakhir atau sejak 2017 kontribusi pendapatan dari layanan seluler selalu di atas 50 persen dari total pendapatan. Porsi pendapatan dari layanan telekomunikasi bergerak tersebut terus berkurang secara bertahap.

Pada 2017, kontribusi pendapatan seluler adalah 70,2 persen, layanan internet tetap milik Telkom 29,8 persen. Pada 2018, kontribusi layanan seluler 65,3 persen, layanan internet tetap 34,7 persen, pada 2019 kontribusi seluler 64,8 persen, sedangkan internet tetap 35,2 persen.

Lebih lanjut pada 2020 kontribusi pendapatan seluler 61,4 persen dan internet tetap 38,6 persen.Kemudian pada kuartal III/2021, kontribusi seluler 59,1 persen, kontribusi dari internet tetap 40,9 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top