Author

Aswin Rivai

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta

Lihat artikel saya lainnya

OPINI BISNIS: Paradigma Baru Data Global

Aswin Rivai
Jumat, 29 Oktober 2021 | 08:55 WIB
Ilustrasi perlindungan data pribadi saat belanja di toko online atau e-commerce/Freepik.com
Ilustrasi perlindungan data pribadi saat belanja di toko online atau e-commerce/Freepik.com
Bagikan

Perusahaan di seluruh dunia terlibat dalam demam data digital. Mereka memanfaatkan ekonomi digital untuk data pribadi kita, menyaring sebagian kecilnya secara online sesuai preferensi, pilihan, dan lokasi kita.

Data adalah barang portabel terbaik, tetapi memindahkannya melintasi perbatasan mengharuskan negara memiliki kebijakan koheren yang membangun kepercayaan.

Tanpa prinsip global untuk mengelola data, kita dapat menghadapi garis patahan digital yang semakin dalam antar negara, karena kumpulan data yang sangat besar menjadi semakin terisolasi.

Ini akan sangat mahal bagi negara-negara kecil dan berpenghasilan rendah. Kecerdasan buatan (AI) dapat membuat masyarakat lebih produktif, mendorong pertumbuhan, lapangan kerja, dan keuangan.

Pikirkan rantai pasokan yang lebih efisien, terobosan vaksin, dan pinjaman kepada usaha kecil yang sebelumnya tidak memiliki rekening bank di seluruh dunia. Namun ada juga sisi gelapnya. Semakin banyak data dapat diambil tanpa persetujuan efektif oleh platform besar, seperti Alibaba, Facebook, Google, dan MercadoLibre, penilaiannya telah tumbuh secara eksponensial dalam beberapa tahun terakhir.

Pembuat kebijakan perlu memulai dengan menyadari bahwa mereka menghadapi beberapa tantangan utama yang mencakup stabilitas dan inklusi keuangan, persaingan, dan privasi.

Konsentrasi data di platform besar mengurangi persaingan dan meningkatkan risiko peretasan dan titik kegagalan tunggal dalam jaringan ekonomi dan keuangan modern yang terlihat dalam gangguan layanan yang meluas baru-baru ini. Memang, serangan siber telah menjadi tantangan utama dalam ekonomi atau efisiensi pengelolaan data.

Data juga dapat mendukung efisiensi dan inklusi yang lebih besar, termasuk dalam penyediaan layanan keuangan, seperti yang telah kita lihat dengan booming kredit fintech di banyak negara maju dan berkembang.

Tapi ini juga bisa digunakan untuk melakukan diskriminasi harga dan meningkatkan keuntungan dengan mengorbankan pelanggan. Analisis berbasis data juga dapat digunakan untuk mengecualikan beberapa orang dari layanan ekonomi dan keuangan berdasarkan karakteristik sosial ekonomi atau pribadi lainnya yang dikenal sebagai ‘bias algoritmik’.

Ini dapat merugikan atau mengecualikan beberapa individu dari layanan penting yang dianggap vital oleh masyarakat, seperti penilaian kredit berbasis AI yang memperburuk bias rasial dalam pinjaman hipotek, atau teknologi pengenalan wajah yang gagal mengenali warna kulit yang lebih gelap.

Kebijakan untuk melindungi privasi merupakan tujuan yang penting di sebagian besar negara untuk dapat membantu mengurangi penggunaan data pribadi yang tidak sah. Privasi data keuangan dan medis, misalnya, adalah kunci kepercayaan dalam sistem ini.

Namun, hanya berfokus pada perlindungan privasi dapat mencegah penggunaan data lain yang menghasilkan nilai ekonomi dan sosial. Misalnya dari berbagi data anonim tentang uji coba vaksin lintas batas dapat mempersulit perusahaan rintisan mendapatkan data yang mereka butuhkan untuk bersaing.

Aturan yang jelas diperlukan untuk mengatasi pertukaran ini, termasuk memberi orang kontrol yang efektif atas data mereka sambil menyeimbangkan kebutuhan kebijakan publik untuk jenis pengungkapan data tertentu.

Mengatasi tantangan ini harus dimulai dari rumah. Sejumlah perangkat dan pendekatan kebijakan baru sedang dipertimbangkan untuk memberikan solusi bagi tantangan-tantangan ini di tingkat domestik.

Pembuat kebijakan perlu melanjutkan fokus mereka pada pengembangan undang-undang, sistem, dan prosedur yang diperbarui untuk mengatur pengumpulan dan penggunaan data.

Pada saat yang sama, mereka juga perlu mempertimbangkan mandat untuk membuat jaringan kompatibel satu sama lain dan memungkinkan pengguna memindahkan dan menyimpan data mereka di jaringan yang berbeda.

Selanjutnya, pembuat kebijakan dapat mempertimbangkan apa dan bagaimana lembaga dapat dibentuk untuk mengelola persetujuan dan melindungi privasi, serta menyediakan data sebagai barang publik.

Menyiapkan ‘data fidusia' di mana perusahaan pihak ketiga mengumpulkan dan berbagi data atas nama individu seperti yang dilakukan di India atau data yang setara dengan biro kredit untuk kelas data yang lebih luas di luar keuangan adalah ide untuk dipikirkan.

Menyeimbangkan semua trade-off akan membutuhkan kerja sama yang belum pernah terjadi sebelumnya antara regulator dan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab atas persaingan, stabilitas keuangan, integritas, perlindungan konsumen, dan privasi.

Tetapi masalah ini bersifat global. Mobilitas data lintas batas merupakan dasar bagi porsi perdagangan jasa internasional yang berkembang pesat, yang nilainya mencapai sekitar US$6 triliun pada 2018.

Jadi, mengingat risiko divergensi kebijakan lebih lanjut, kerja sama antar negara akan sangat penting untuk membantu mencegah terjadinya fragmentasi dalam ekonomi digital global. Sebaliknya,

Prinsip-prinsip global tentang kebijakan data dapat membantu menyamakan kedudukan sambil menangani stabilitas dan inklusi keuangan, persaingan, dan privasi. Di sisi lain, banyak pendekatan kebijakan domestik lainnya yang diusulkan untuk mengelola ekonomi atau efisiensi pengelolaan data.

Misalnya, persyaratan agar data lebih mudah dibagikan di seluruh platform untuk mendorong persaingan atau tentang cara mengelola persetujuan individu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper