Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi - Pekerja melakukan penggantian antena pada menara BTS di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta. - Antara / R. Rekotomo.
Lihat Foto
Premium

Merger Icon+ ke IndiHome, Menakar Risiko Monopoli Bisnis Internet BUMN

Wacana merger bisnis internet BUMN yang dianggap berisiko monopoli telah mendapatkan respons dari KPPU.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com
07 September 2021 | 18:25 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Wacana Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk melebur bisnis internet yang dimiliki entitas pelat merah sempat menuai polemik. Sebagian pihak khawatir akan muncul risiko monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

Upaya merger tersebut diagungkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir saat rapat kerja bersama dengan Komisi V DPR RI. Saat itu ada sinyal kuat untuk menggabungkan PT Indonesia Comnets Plus (Icon+), anak usaha dari PT PLN (Persero), ke dalam ekosistem IndiHome milik PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM).

Penggabungan tersebut dilakukan untuk menghindari persaingan bisnis antar perusahaan BUMN di sektor yang sama. Selain itu, penggabungan juga akan membuat kerja keduanya makin efektif dan sinkron.

Terpisah, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom Heri Supriadi mengatakan sejauh ini belum ada kesepakatan terkait dengan peleburan entitas bisnis internet milik BUMN lain ke perseroan.

Menurutnya, BUMN sebagai pemegang saham mayoritas pasti menginginkan efisiensi dan tidak redundant bagi perseroan. Selain itu, penggabungan investasi di fixed broadband bisa memberikan manfaat yang luas bagi perseroan dan masyarakat luas.

“Kami menganggap ini rencana yang positif untuk mengakselerasi broadband di Indonesia. Kami tidak khawatir terjadi monopolistik karena target market yang harus dicakup sangat luas dan lebar. Ini mirip lomba lari yang bisa sampai duluan dapat hadiah yang besar. Pasar tersedia bagi semua operator,” pungkasnya dalam paparan virtual, Senin (6/8/2021).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top