Perhatikan 3 Hal ini Setelah Terima Barang Belanja Online

Newswire
Senin, 7 Juni 2021 | 07:30 WIB
Ilustrasi belanja online/Antara
Ilustrasi belanja online/Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan 3 tips yang dilakukan setelah menerima barang belanja online. Hal itu dilakukan untuk melindungi data pribadi dalam kemasan barang belanja online.

"Paket yang kamu dapatkan dari belanja online mengandung data pribadi yang bisa disalahgunakan," tulis Kemenkominfo, Minggu, dilansir tempo.co, Minggu (6/6/2021).

Untuk menghindari penyalahgunaan data pribadi yang ada dalam bungkus barang belanja online, Kemenkominfo mengimbau masyarakat memperhatikan 3 hal ini setelah menerima barang belanjaan online.

Pertama, jangan langsung membuang kemasan paket yang anda terima. Biasanya ada data pribadi berupa nama, alamat, dan nomor telepon genggam dalam kemasan tersebut.

Kedua, coret alamat serta nomor telepon yang ada pada paket kamu. Dan ketiga, gunting data tersebut menjadi potongan kecil agar semakin sulit untuk disatukan.

Berdasarkan data Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA), transaksi jual beli daring di e-commerce naik 25 persen selama pandemi. Adapun peneliti Institute For Development of Economics and Finance Bhima Yudhistira Adinegara mengatakan pandemi membuat pertumbuhan dagang el di Indonesia meningkat hingga 31 persen berdasarkan data Wearesocial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper