Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Suasana gudang J&T Express. - jet.co.id
Premium

Berbagai Skenario J&T Express Raih Status Unikorn, Pilih IPO atau Ronde Pendanaan?

07 April 2021 | 19:41 WIB
PT Global Jet Express, pengelola J&T Express, disebut-sebut tengah mempertimbangkan dua opsi untuk mencapai status unikorn. Opsi apa saja yang tersedia?

Bisnis.com, JAKARTA — Wacana Initial Public Offering (IPO) startup asal Indonesia di Bursa AS agaknya tidak sekadar berkutat mengitari dua nama unikorn, Tokopedia dan Traveloka. Belakangan, giliran PT Global Jet Express, pengelola J&T Express, yang santer disebut tengah mempertimbangkan opsi melantai di Wall Street.

Kabar potensi IPO perusahaan jasa pengiriman dan logistik tersebut pertama kali diberitakan Bloomberg dan Deal Street Asia pada Kamis (2/4/2021). Bloomberg mengklaim sumber anonim dari internal perusahaan berkata IPO berpotensi dihelat sekitar kuartal terakhir 2021, dengan target dana terkumpul hingga US$1 miliar atau setara Rp14,5 triliun. 

Nominal tersebut tidak main-main. Sebagai gambaran, saat ini, rekor IPO perusahaan asal Indonesia di Bursa AS masih dipegang oleh PT Indosat Tbk. (ISAT) yang terjadi pada 1994, dengan nominal US$1,05 miliar. 

Artinya, apabila terealisasi, maka IPO J&T bakal menjadi yang terbesar kedua dalam sejarah perusahaan Indonesia di Wall Street.

Jika terjadi tahun ini, Bloomberg bahkan memproyeksi saham J&T Express bakal diburu hingga melonjak harganya, dan menaikkan valuasi perusahaan ke level US$5 miliar atau setara Rp72,5 triliun.

Menariknya, IPO bukan satu-satunya skenario yang tengah dipertimbangkan J&T.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top