Jadi Pencarian Default iPhone, Google Ternyata Bayar Apple US$12 Miliar

Reni Lestari
Selasa, 27 Oktober 2020 | 15:02 WIB
Google Doodle Hari Bumi 2020/Dok. Google
Google Doodle Hari Bumi 2020/Dok. Google
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google dilaporkan membayar miliar dolar kepada Apple untuk menjadi mesin pencari default di perangkat iPhone.

Jika Anda membuka aplikasi Safari di iPhone atau iPad dan mengetik kueri penelusuran ke dalam bilah alamat, ada kemungkinan bahwa itu akan diarahkan ke Google. Meskipun banyak orang mungkin telah mengaturnya secara berbeda.

Angka yang dibayarkan Google itu sesuai dengan yang tertera pada gugatan antitrust Departemen Kehakiman AS terhadap raksasa teknologi itu. Dokumen pengadilan mengungkapkan bahwa Google membayar antara US$8 miliar hingga US$12 miliar untuk hal itu.

Google saat ini menghadapi gugatan oleh Departemen Kehakiman atas dugaan praktik antitrust, dan pembayaran ke Apple ini adalah salah satu contohnya. Menurut profesor hukum Universitas Miami, John Newman, yang juga mantan pengacara antimonopoli Departemen Kehakiman, ini bukanlah persoalan klasik, di mana dua saingan setuju untuk menaikkan harga dan keuntungan masing-masing.

"Sepertinya satu monopoli setuju dengan perusahaan lain untuk membagi sewa monopoli," katanya dilansir Ubergizmo, Selasa (27/10/2020).

Mesin telusur DuckDuckGo mengklaim bahwa sebagai hasil dari praktik Google, sekitar 2 persen penelusuran hanya terjadi di platform mereka. CEO perusahaan yakin bahwa jika pengguna memiliki opsi untuk menyetel DuckDuckGo sebagai mesin telusur pilihan, angka itu dapat melonjak hingga 20 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Reni Lestari
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper