Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Samsung Galaxy Fold 2 Resmi Meluncur, Ini Keunggulannya

Samsung Electronics TM Roh Galaxy Fold 2 menghadirkan pengalaman teknologi lipat terbaru lewat penyempurnaan yang ditingkatkan.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 02 September 2020  |  09:38 WIB
Samsung Galaxy Fold 2. - istimewa
Samsung Galaxy Fold 2. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Samsung Electronics Co, Ltd akhirnya mengungkapkan spesifikasi dari ponsel lipat terbarunya Galaxy Z Fold 2 setelah awal Agustus lalu mengumumkan kehadiran ponsel tersebut saat peluncuran Galaxy Note 20 Series.

Perusahaan asal Korea Selatan itu membeberkan spesifikasi serta beragam fitur yang dihadirkan oleh Galaxy Z Fold 2 melalui acara bertajuk “Unpacked Part 2” yang disiarkan secara langsung dari Negeri Ginseng pada Selasa (1/9/2020) malam waktu setempat.

Menurut President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics TM Roh Galaxy Fold 2 menghadirkan pengalaman teknologi lipat terbaru lewat penyempurnaan yang ditingkatkan dari generasi sebelumnya dan berbagai inovasi terbaru.

“Perjalanan kami menuju perangkat mobile generasi berikutnya penuh dengan orisinalitas dan Inovasi. Kami mendengarkan feedback dari pengguna dengan cermat untuk memastikan kami membawa peningkatan yang berarti pada hardware, sambil juga mengembangkan inovasi baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna,” katanya.

Roh menjelaskan Galaxy Z Fold 2 tidak hanya hadir dengan desain yang menawan saja. Ponsel pintar tersebut juga memberikan pengalaman menggunakan ponsel pintar yang akan memudahkan berbagai aktivitas penggunanya.

review Samsung Galaxy Fold 2

Spesifikasi Galaxy Fold 2 tak jauh berbeda dengan bocoran yang sebelumnya sempat beredar di media sosial atau sejumlah situs, ponsel pintar tersebut dibekali dengan layar utama yang bisa dilipat dan layar sekunder atau cover display.

Layar utamanya berukuran 7,6 inci beresolusi QXGA plus dengan bingkai atau bezel yang diperkecil dari generasi sebelumnya. Layar dengan panel AMOLED 2X Infinity Flex Display itu dilapisi dengan Ultra-Thin Glass, membuatnya diklaim lebih kuat dibandingkan layar ponsel pintar lipat Samsung yang sudah meluncur terlebih dahulu.  

“Kamera Depan tanpa notch, layarnya hadir dengan refresh rate 120Hz yang dapat disesuaikan untuk scrolling dan gameplay yang mulus,” ungkap Roh.

Sementara itu, layar keduanya yang memunggungi layar utamanya menggunakan panel AMOLED berukuran 6,2 inci dengan resolusi HD plus. Layar yang juga mengusung desain Infinity-O atau menggunakan punch hole itu dapat digunakan untuk menampilkan notifikasi hingga menonton konten.

Untuk memberikan pengalaman menggunakan ponsel pintar lipat yang berbeda dari sebelumnya, Roh menyebut Galaxy Fold 2 hadir dengan Flex Mode seperti Galaxy Z Flip. Flex Mode juga bisa dipakai untuk menonton video dengan tombol playback terpisah, serta mengoperasikan kamera dengan tombol shuter, viewfinder, dan lain sebagainya dalam layar yang terpisah pula.

“Bisa dilipat dengan sudut sekitar 90 derajat (half-fold), sama seperti Galaxy Z Flip, sehingga layar ponsel bisa dipakai untuk menampilkan dua aplikasi yang berjalan secara bersamaan” ujarnya.

Kemudian yang menarik engsel Galaxy Fold 2 dibekali dengan bulu-bulu yang dinamai "sweeper" untuk membantu membersihkan engsel dari partikel, debu, atau kotoran yang bisa masuk ke sela-selanya.

kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Fold 2

Untuk dapur pacunya, Galaxy Fold 2 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus layaknya kebanyakan ponsel pintar high-end. Tentunya, chipset tersebut sudah mendukung jaringan 5G baik Standalone (SA) maupun Non-Standalone (NSA).

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM LPDDR5 berkapasitas 12GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 dengan kapasitas 256/512GB. Sebagai catatan , ponsel ini akan menjalankan sistem operasi Android 10 dengan tampilan antarmuka pengguna Samsung One UI 2.5.

Galaxy Fold 2 dibenamkan baterai berkapasitas 4.500 mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat 25W (wired) dan 11W (wireless). Perangkat ini juga bisa mengisi daya perangkat Samsung lainnya atau reverse charging secara wireless dengan daya 4,5W.

Fitur-fitur lainnya yang dihadirkan oleh Galaxy Fold 2 antara lain sistem keamanan sensor pemindai sidik jari (fingerprint) yang diletakkan di bingkai perangkat (side-mounted), Bluetooth 5.0, WiFi 6, Ultra-Wide Band (UWB), NFC, dan speaker ganda. Kemudian ponsel pintar ini juga memiliki kemampuan menjalankan dua kartu SIM, terdiri dari satu slot yang mendukung kartu SIM berjenis nano dan kartu SIM virtual atau e-SIM.

Dari sisi fotografi, Galaxy Fold 2 dibekali dengan lima kamera yang terdiri dari tiga kamera belakang, serta dua kamera depan. Baik kamera belakang maupun depan diletakkan dalam lubang kamera di layar utama dan layar sekunder.

Kamera belakang Galaxy Z Fold 2 terdiri dari kamera utama 12 MP (f/1.8, OIS, Super Speed Dual Pixel AF), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 12 MP (f/2.4). Ketiganya dibekali dengan fitur Auto Framing untuk zoom otomatis tanpa harus menggerakkan perangkat.

Selain itu, terdapat pula fitur Single Take, Bright Mode, Night Mode, Pro Video Mode, serta Dual Preview yang mana akan mengubah layar sekunder menjadi viewfinder kamera ketika ponsel dibentangkan.

Adapun, untuk kamera depannya masing-masing beresolusi 10 MP (f/2.2) dengan fitur-fitur yang tak jauh berbeda dengan kamera belakangnya.

Galaxy Fold 2 sudah bisa dipesan di Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara Eropa mulai 1 September 2020. Baru kemudian pada 18 September 2020 ponsel pintar tersebut akan dipasarkan di 40 negara.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan ponsel pintar ini di Indonesia, demikian halnya dengan harga jual dan varian apa yang akan diboyong. Namun yang jelas, Galaxy Fold 2 hadir dengan dua pilihan warna, yakni Mystic Bronze dan Mystic Black.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone samsung hp
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top