Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi aplikasi TikTok. - ANTARA
Premium

Mungkinkah Data Pribadi ‘Tergadaikan’ di TikTok?

03 Juli 2020 | 16:27 WIB
Tidak hanya karena popularitasnya sebagai media sosial pendatang baru dengan konsep anyarnya, TikTok juga mendapat sorotan global berkaitan dengan aspek perlindungan data pribadi penggunanya.

Bisnis.com, JAKARTA – Aplikasi media sosial TikTok berhasil mencuri perhatian dunia dalam beberapa tahun terakhir. Tak hanya popularitasnya sebagai media sosial pendatang baru dengan pertumbuhan pengguna yang melonjak, mereka juga disorot karena aspek keamanan datanya.

Belum lama ini, perusahaan besutan ByteDance Ltd. tersebut berhasil melaporkan pendapatan sebesar US$78 juta pada April 2020 lalu. Laporan itu diperoleh dari riset yang dilakukan oleh Sensor Tower. Bahkan apabila dibandingkan dengan catatan pada April 2019, pendapatan TikTok melonjak 10 kali lipat.

TikTok bahkan juga mencatatkan lonjakan pengguna yang sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Sejak dirilis pertama kali pada 2016, total unduhan pengguna aplikasi itu terus meroket, dari kuartal I/2017 sebanyak 22 juta unduhan menjadi 315 juta unduhan pada kuartal I/2020.

Capaian yang diperoleh TikTok tersebut pada akhirnya berujung pada keuntungan yang didapatkan perusahaan induknya ByteDance. Menurut sumber Bloomberg, pada kuartal I/2020 lalu, valuasi ByteDance menembus US$140 miliar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top