Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Tips Memilih Gim yang Tepat untuk Anak

Memilih permainan atau gim yang tepat bagi sang buah hati, acap kali menjadi salah satu kesulitan tersendiri bagi para orang tua.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 05 Maret 2020  |  06:44 WIB
Permainan mobile Pokemon Go yang menjadi tren di kalangan anak muda - Reuters
Permainan mobile Pokemon Go yang menjadi tren di kalangan anak muda - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Berbagai lembaga penentu batasan usia masih jauh dari suara bulat ketika berbicara mengenai klasifikasi gim video. 

Namun bukan berarti Anda harus menolak sebuah judul gim hanya karena anak Anda berusia lebih muda dari yang ditunjukkan pada kotak deskripsi aplikasi. 

Hal ini, membuat perusahaan global keamanan siber (cybersecurity) Kaspersky mengklasifikasikan gim yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak.

Dalam risetnya, Kaspersky mengklaim bahwa akan lebih baik jika,pola pikir untuk pemilihan permainan terbentuk dari opini pelaku berdasarkan pertimbangan sebagai berikut :

Pertama tidak hanya memperhatikan batasan usia, tetapi juga apa alasan sebuah gim tersebut dirilis.

Jika Anda tinggal di negara yang tidak menyediakan konten dan informasi gim dalam kotak deskripsi, carilah secara daring. Mengetahui tentang jenis permainannya akan membantu Anda untuk memutuskan gim yang sesuai.

Kedua, bandingkan peringkat di negara Anda dengan negara lain untuk gambaran yang lebih komprehensif.

Ingatlah bahwa, kata-kata umpatan mungkin hilang dalam terjemahan sehingga memungkinkan permainan tersebut memiliki batasan usia lebih tinggi di sejumlah negara di mana pengucapan aslinya diucapkan dalam permainan.

Ketiga, tontonlah cuplikan atau trailer gim di YouTube atau pada laman pengembang permainan.

Langkah ini memungkinkan Anda menemukan blogger dan vloggers permainan video di jejaring sosial apa pun.Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan gambaran yang layak tentang seperti apa permainan tersebut.

Keempat, setelah membeli sebuah gim, cobalah untuk memainkannya bersama sang buah hati.

Cari tahu bagaimana cara permainan tersebut berjalan, dan bicarakan grafik, alur, serta dialog di dalamnya. Selain itu, Anda harus selalu dampingi buah hati ketika mereka bermain..

Dengan demikian, Anda akan mendapatkan gagasan yang jauh lebih baik tentang apakah itu pilihan yang tepat untuk anak Anda, sekaligus mendapatkan waktu berkualitas bersama .

Kelima, agar buah hati tidak menghabiskan terlalu banyak waktu bermain gim, gunakan alat kontrol orangtua untuk menetapkan batas waktu.

Misalnya, Kaspersky Safe Kids yang memungkinkan Anda menetapkan batas waktu baik di komputer maupun ponsel cerdas.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaspersky game permainan anak
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top